DIGITAL LIBRARY



JUDUL: MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PEMBAGIAN PECAHAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIKOMBINASIKAN DENGAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) DAN MEDIA POHON MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN DALAM PAGAR ULU 2 KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:DEWI NOURMA HANDAYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-23


Permasalahan yang terjadi dalam penelitian ini ada pada siswa kelas 5 SDN Dalam Pagar Ulu 2 Kabupaten Banjar yaitu rendahnya hasil belajar pada materi pembagian pecahan. Penyebabnya adalah kurang tepatnya strategi pengajaran dan tidak dilengkapi dengan media, siswa tidak terlibat langsung dalam proses pembelajaran dan siswa pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa melalui model Problem Based Learning Di Kombinasikan Dengan Model Course Review Horray Dan Media Pohon Matematika.

Penelitian ini menggunakan prosedur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga pertemuan, dengan setting siswa kelas 5 SDN Dalam Pagar Ulu 2 Kabupaten Banjar pada siswa yang berjumlah 12 orang. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif berupa observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa serta data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis. Indikator keberhasilannya ialah aktivitas guru memperoleh skor dalam kriteria “Sangat Baik”, secara klasikal aktivitas siswa mencapai kriteria “Sangat Aktif” dari keseluruhan siswa, dan secara klasikal hasil belajar siswa dengan nilai setidaknya ≥63 atau mencapai ≥80% dari keseluruhan siswa yang berada dalam kriteria “Tuntas”.

Hasil penelitian yang diperoleh dalam kegiatan pembelajaran, aktivitas guru mengalami kecenderungan meningkat dari kriteria baik menjadi sangat baik. Persentase aktivitas siswa secara klasikal juga mengalami kecenderungan meningkat dari kriteria cukup aktif menjadi sangat aktif. Hasil belajar siswa secara klasikal juga mengalami kecenderungan meningkat dari tidak tuntas menjadi tuntas. Hal ini menunjukkan sudah tercapainya indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini dapat disimpulkan aktivitas guru mencapai kriteria dengan sangat baik, aktivitas siswa dengan sangat aktif dan hasil belajar sudah memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan. Disarankan kepada guru, kepala sekolah dan peneliti lain untuk menjadikan hasil penelitian ini sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran untuk membantu siswa mencapai hasil belajar yang lebih baik

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI