DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Tema Benda-benda Di Sekitar Kita Menggunakan Model Cooperative Script, Dikombinasi Mind Mapping dan Talking Stick Pada Siswa Kelas V SDN 2 Komet Banjarbaru
PENGARANG:YULIANDA TIURMA PANGGABEAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-23


ABSTRAK

Panggabean, Yulianda. Tiurmaida 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Tema Benda-benda di Sekitar Kita Menggunakan Model Cooperative Scripts Dikombinasikan Mind Mapping dan Talking Sctik Pada Siswa Kelas V Di SDN 2 Komet Banjarbaru. Skripsi Program S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Dr. H. M. Saleh, M.Pd.

 

Kata kunci : Aktivitas Belajar, Benda-benda di Sekitar Kita, Cooperative Script, Mind Mapping, Talking Stick

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Hal ini disebabkan kurangnya keaktifan siswa  dalam pembelajaran IPS, siswa kurang memahami materi dan strategi pembelajaran kurang bervariasi. Sehingga solusi untuk masalah tersebut adalah dengan menggunakan model Cooperative Scripts, dikombinasi Mind Mapping dan Talking Stick. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis  Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setting penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 2 Komet Banjarbaru pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 29 orang siswa yaitu 14 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Teknik pengambilan data menggunakan data kualitatif  diperoleh dari aktivitas guru dan aktivitas siswa dilakukan dengan teknik observasi, sedangkan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan tes tertulis diakhir pembelajaran. Indikator keberhasilan aktivitas guru dikatakan berhasil apabila mencapai skor ≥30 dengan kriteria sangat baik, aktivitas siswa apabila secara klasikal mencapai skor ≥82% dengan kriteria sangat aktif dan hasil belajar dianggap tuntas apabila siswa mencapai ≥75 dan secara klasikal mencapai ≥82% dari jumlah siswa mencapai ≥75.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru siklus II pertemuan 2 dengan skor 33. Hasil aktivitas siswa siklus II pertemuan 2 mencapai skor 94% dan hasil belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi 100% pada siklus II pertemuan 2.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa, aktivitas guru dan hasil belajar siswa meningkat dengan menggunakan model Cooperative Script, dikombinasi Mind Mapping dan Talking Stick sehingga dapat disarankan kepada kepala sekolah, guru dan peneliti lain agar digunakan sebagai bahan rujukan alternatif model-model pembelajaran yang inovatif.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI