DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MATERI JARING-JARING BANGUN RUANG MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) DIKOMBINASIKAN DENGAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) SERTA ALAT PERAGA MEQIP PADA SISWA KELAS IV SDN SUNGAI SELUANG PASAR
PENGARANG:S ALIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-23


ABSTRAK

Salimah. 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Materi Jaring-Jaring Bangun Ruang Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) dan Numbered Heads Together (NHT) dan Team Games Tournament (TGT) serta Alat Peraga MEQIP pada Siswa Kelas IV SDN Sungai Seluang Pasar. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Dr. Suhaimi, S.Pd, M.Pd.

Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Student Facilitator and Explaining , Numbered Heads Together, Team Games Tournament (TGT)

     Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar Matematika dikelas yang mengakibatkan hasil belajar menjadi rendah. yang diberikan tidak didukung dengan penggunaan alat peraga, siswa kurang dilibatkan dalam pembelajaran sehingga anak kurang aktif dan pembelajaran monoton. Masalah ini pun akhirnya berdampak pada rendahnya hasil belajar Matematika siswa khususnya pada Materi Jaring-Jaring Bangun Ruang di kelas IV SDN Sungai Seluang Pasar. Fakta ini diketahui dari hasil ulangan harian dalam tiga tahun ajaran terakhir dimana hasil tersebut masih jauh dari Standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang diterapkan sekolah untuk mata pelajaran Matematika yaitu 70. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan kombinasi model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE)dan Numbered Heads Together (NHT) dan Team Games Tournament (TGT)  serta alat peraga MEQIPdalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi jaring-jaring bangun ruang menggunakan kombinasi model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE)dan Numbered Heads Together (NHT)dan Team Games Tournament (TGT) serta alat peraga MEQIP.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 4 pertemuan. Setting penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sungai Seluang Pasar dengan jumlah siswa 16 orang. Penelitian ini menggunakan dua jenis data yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa serta data kuantitatif berupa hasil belajar siswa. Dihasilkan dengan instrumen lembar observasi dan tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan cara deskriptif data bentuk tabel dan grafik. Selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria yang ditetapkan, indikator aktivitas guru sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif dan hasil belajar tuntas.

Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru telah mencapai indikator keberhasilan dengan kriteria “sangat baik” kemudian pada aktivitas siswa mencapai indikator keberhasilan  klasikal sebesar 93,7% dengankriteria “sangat aktif” dan Hasil belajar siswa mencapai indikator keberhasilan dengan ketuntasan klasikal sebesar 100% .

Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini maka disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pada aktivitas guru, aktivitas siswa serta hasil belajar. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah dan peneliti lain agar dapat menjadikan hasil dari penelitian ini sebagai acuan dalam menentukan strategi mengajar yang baik serta untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI