DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DALAM BERSIKAP KOOPERATIF DENGAN TEMAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PICTURE AND PICTURE, MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN MODEL TALKING STICK PADA ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK DARUL FATHI BANARMASIN UTARA
PENGARANG:NURUL ELFRIDA SRI YUNIARTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-23


Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya aspek sosial emosional anak dalam bersikap kooperatif dengan teman.Penyebabnya adalah karena sulitnya anak bekerjasama dengan teman, kurang fokus mengikuti pembelajaran, dan juga anak kurang percaya diri saat disuruh maju kedepan. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil pengembangan aspek sosial emosional anak dalam bersikap kooperatif dengan teman menggunakan kombinasi Model Picture and Picture, Model Numbered Head Together, dan Model Talking Stick  pada Anak Kelompok B TK Darul Fathi Banjarmasin Utara.

Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada anak kelompok B di Taman Kanak-KanakDarul Fathi Banjarmasin Utara dengan jumlah anak sebanyak 17 orang yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam 4 kali pertemuan.

Hasil penelitian pada setiap pertemuan selalu meningkat. Aktivitas guru memperoleh skor  31 dengan kategori “sangat baik”. Aktivitas anak memperoleh skor 100% dengan kategori “sangat aktif”. Untuk hasil pengembangan aspek sosial emosional anak secara klasikal  mendapat skor 100%  memperoleh ≥«««« kriteria “berkembang sangat baik”.

Berdasarkanhasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penggunaan model  Picture and Picture, Model Numbered Head Together, dan Model Talking Stick  pada Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Darul Fathi Banjarmasin Utara mengalami perkembangan yang maksimal dari pertemuan 1 hingga pertemuan 4 karena dapat meningkatkan aktivitas anak dan hasil pengembangan sosial emosionalnya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI