DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS TEMA KAYANYA NEGERIKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALLY (SAVI), MIND MAPPING DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS IV SDN 2 MENTAOS BANJARBARU
PENGARANG:CAHYA APRILIA RUSDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-23


Rusda, Cahya Aprilia. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPS Tema Kayanya Negeriku Menggunakan Kombinasi Model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI), Mind Mapping dan Student Teams Achievement Division (STAD) pada Siswa Kelas IV SDN 2 Mentaos Banjarbaru. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Ahmad Muhyani Rizalie, M.Si.

Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Tema Kayanya Negeriku, Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI), Mind Mapping, Student Teams Achievement Division (STAD).

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada muatan IPS tema Kayanya Negeriku di kelas IV SDN 2 Mentaos Banjarbaru. Masalah ini disebabkan siswa sulit memahami pelajaran, kehilangan konsentrasi, kurang motivasi, percaya diri, peduli, tanggung jawab dan keterampilan berkomunikasi. Peneliti menggunakan kombinasi model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI), Mind Mappingdan Student Teams Achievement Division (STAD)untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan IPS tema Kayanya Negeriku menggunakan kombinasi model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI), Mind Mappingdan Student Teams Achievement Division (STAD)pada siswa kelas IV SDN 2 Mentaos Banjarbaru.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenisnya adalah Penelitian Tindakan Kelas. Setting penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Mentaos pada semester genap pada tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 21 orang yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknis analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Cara pengambilan data menggunakan teknik observasi dan tes.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI), Mind Mappingdan Student Teams Achievement Division (STAD)didapat aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai 68,75 dengan kriteria Baik meningkat menjadi 93,75 dengan kriteria Sangat Baik pada siklus IV. Aktivitas siswa berdasarkan rata-rata kelas meningkat dari 59,92 pada siklus I menjadi 89,29 pada siklus IV, sedangkan aktivitas siswa secara klasikal meningkat dari 39,68% pada siklus I menjadi 97,62% pada siklus IV. Hasil belajar kognitif meningkat dari 76,19% pada siklus I menjadi 100% pada siklus IV, pada hasil belajar afektif meningkat dari siklus I sebesar 61,90% menjadi 85,71% pada siklus IV, dan pada hasil belajar psikomotorik dari 61,90% pada siklus I meningkat menjadi 90,48% pada siklus IV.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada muatan IPS tema Kayanya Negeriku menggunakan kombinasi model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI), Mind Mappingdan Student Teams Achievement Division (STAD) meningkat. Disarankan agar penggunaan model ini dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas guru atau siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI