DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Tema Benda-Benda Di Sekitar Kita Muatan Pkn Menggunakan Kombinasi Model Problem Solving, Student Teams Archievement Division (STAD) Dan Scramble Pada Siswa Kelas V di SDN Semangat Bakti Barito Kuala
PENGARANG:FIKRI AMRULLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-23


Amrullah, Fikri. 2019. “Meningkatkan AktivitasBelajar Siswa Pada Tema Benda-Benda Di Sekitar Kita Dengan Muatan PKn Melalui Kombinasi Model Pembelajaran Problem Solving, Student Teams Achievement Division (STAD),  Scramble. Pada Kelas V SDN Semangat Bakti Barito Kuala. Skripsi Program Pendidikan Guru PraSekolah dan Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Dr.Sulistiyana, S.Pd., M,Pd.

Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Tema Benda-Benda Di Sekitar Kita, Problem Solving, Student Teams Achievement Division (STAD), Scramble.

Aktivitas belajar siswa masih belum mampu berfikri kritis, kurang berpartisipasi,dan cenderung pasif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diberikan inovasi pembelajaran dengan mengkombinasikan model pembelajaran Problem Solving, Student Achievement Division, Scramble. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaannya aktivitas guru, peningkatan aktivitas siswa, dan hasilo belajar dengan menggunakan kombinasi model tersebut.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan dengan jumlah siswa 19 orang yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknis analisis data berupa kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika aktivitasguru mencapai 25-28 dengan kategori sangat baik, aktivitas siswa 80% termasuk kriteria sangat aktif, serta hasil belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal 80%.

Hasil penellitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan aktivitas guru pada pertemuan 4 memperoleh 27 dengan kriteria “Sangat Baik. Peningkatan aktivitas siswa pada pertemuan 4 memperoleh 95% dengan kriteria “Sangat Aktif”. Ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif meningkat 100% pada pertemuan 4. Ketuntasan klasikal hasil belajar afektif meningkat menjadi 95% pada pertemuan 4. Ketuntasan klasikal psikomotorik mencapai 92% pada pertemuan 4.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Problem Solving, Student Teams Achivement Division dan Scramble dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Maka disarankan kepada guru agar model pembelajaran tersebut bisa dijadikan alternatif dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.


 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI