DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MUSEUM WASAKA SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP NASIONALISME
PENGARANG:A RBAINAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-23


Arbainah, 2019, Museum Wasaka Sebagai Sumber Belajar IPS untuk Menumbuhkan Sikap Nasionalisme. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Dr. Syaharuddin, M.A dan pembimbing II Mutiani, M.Pd.

            Museum Wasaka merupakan museum sejarah yang menyimpan koleksi benda perjuangan masyarakat Kalimantan Selatan melawan penjajah tahun 1945-1949. Proklamasi Kalimantan Selatan menandakan gigihnya masyarakat Kalimantan Selatan melawan penjajah untuk mempertahankan kemerdekaan. Nilai nasionalisme tersebut dapat ditanamkan kepada peserta didik dengan cara menjadikan museum Wasaka sebagai sumber belajar IPS.

            Tujuan Penelitian: 1) Menjelaskan bagaimana profil museum wasaka. 2) Menjelaskan bagaimana dampak koleksi benda museum Wasaka terhadap sikap nasionalisme. 3) Untuk menganalisis bagaimana museum Wasaka sebagai sumber belajar IPS untuk menumbuhkan sikap nasionalisme

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi ke museum Wasaka, wawancara dengan pengelola museum, pengunjung museum, dan guru IPS di SMPN 27 Banjarmasin, dokumentasi yang diperoleh berupa foto benda koleksi museum dan dokumen profil museum Wasaka. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, kemudian menarik kesimpulan. Keabsahan data melalui perpanjang pengamatan serta  triangulasi sumber dan teknik.

            Hasil Penelitian: 1) Profil Museum Wasaka meliputi lokasi museum, sejarah museum, struktur organisasi, dan jenis koleksi museum. 2) Koleksi museum menandakan bahwa adanya perlawanan rakyat Kalimantan pada masa tersebut, aspirasi rakyat tersebut kemudian diwujudkan oleh ALRI divisi IV dalam bentuk proklamasi yang menandakan bahwa adanya nilai nasionalisme pada diri pejuang pada masa tersebut.  3) museum Wasaka dapat digunakan  sebagai sumber belajar IPS dengan cara menganalisis materi, dalam penelitian ini ditemukan bahwa sejarah benda koleksi museum Wasaka relevan dengan materi IPS kelas IX materi pelajaran Masa Kemerdekaan 1945-1950 sub materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan.

Kata kunci: Nasionalisme, Museum, Sumber Belajar IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI