DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Aspek Sosial Emosional Dalam Bersikap Kooperatif Dengan Teman Menggunakan Metode Bercakap-Cakap Dikolaborasikan Dengan Number Head Together Dan Course Review Horay Pada Kelompok A Tk Maulana Ajwah Alalak Utara Kota Banjarmasin
PENGARANG:NURUL AIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-23


Aida, Nurul, 2019, Meningkatkan Aspek Sosial Emosional Dalam Bersikap Kooperatif dengan Teman Menggunakan Metode Bercakap-cakap Dikolaborasikan dengan  Number Head Together dan  Course Reveiw Horay Pada Kelompok A TK Maulana Ajwah Alalak Utara Kota Banjarmasin. Skripsi, Program Pendidikan S1 PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidika, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Dr. Ali Rachman, M.Pd.

Kata kunci: Kooperatif dengan teman, Metode Bercakap-cakap, model Number Head Together, dan model Course Reveiw Horay

Rendahnya kemampuan aspek sosial emosional anak dalam bersikap kooperatif dengan teman di TK Maulana Ajwah Alalak Utara Kota Banjarmasin, yaitu anak belum terbiasa berinteraksi dengan teman dikelas, malu dan tidak mau jika disuruh tampil didepan, dan kurangnya kerjasama anak dalam berkelompok dan bersikap kooperatif dengan teman.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelompok A TK Maulana Ajwah Alalak Utara Kota Banjarmasin tahun ajaran  2018/2019, dengan jumlah anak sebanyak 16 orang anak dengan menggunakan Metode Bercakap-cakap Dikolaborasikan dengan  Number Head Together dan  Course Review Horay.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus III mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas anak pada siklus III mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil perkembangan anak pada siklus III 87% atau mendapat bintang 4 (««««) dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB).

 

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Menggunakan Metode Bercakap-cakap Dikolaborasikan dengan  Number Head Together dan  Course Reveiw Horay dapat meningkatkan aspek sosial emosional dalam bersikap kooperatif dengan teman . Dan saran yang dikemukakan peneliti agar dapat menjadi alternatif guru untuk memperbaiki pembelajaran guna meningkatkan aktivitas dan hasil perkembangan anak.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI