DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING, THINK PAIR SHARE DAN SNOWBALL TRHOWING SISWA KELAS IV SDN 1 LANDASAN ULIN TENGAH BANJARBARU
PENGARANG:NURUL FITRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-24


ABSTRAK

 

Fitriani, Nurul. 2019. “Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Mind Mapping, Think Pair Share dan Snowball Trhowing Siswa Kelas IV Sdn 1 Landasan Ulin Tengah Banjarbaru. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Novitawati, S. Psi., M.Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas Siswa, Mind Mapping, Think Pair Share dan Snowball Trhowing.

Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya aktivitas belajar siswa pada tema Daerah Tempat Tinggalku. Hal ini disebabkan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dianggap kurang menarik minat siswa dan kurangnya keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran siswa pada tema Daerah Tempat Tinggalku. Penelitian ini bertujuan mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada tema Daerah Tempat Tinggalku menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Mind Mapping, Think Pair Share dan Snowball Trhowing.

Setting penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV Sdn 1 Landasan Ulin Tengah Banjarbaru menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan 4 kali pertemuan, setiap pertemuan dilakukan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen penilaian yang digunakan adalah observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil aktivitas belajar siswa.

Hasil penelitian pada setiap pertemuan selalu meningkat. Aktivitas guru pada pertemuan terakhir mengalami peningkatan mencapai kriteria sangat baik dengan mendapatkan skor 35, aktivitas siswa pada pertemuan terakhir mengalami peningkatan mencapai kriteria sangat aktif dengan skor 92%, dan hasil aktivitas belajar siswa pada pertemuan terakhir meningkat hingga mendapatkan kriteria TUNTAS dengan skor 100%.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Mind Mapping, Think Pair Share dan Snowball Trhowing pada tema Daerah Tempat Tinggalku dapat mengembangkan aktivitas belajar siswa kelas IV Sdn 1 Landasan Ulin Tengah Banjarbaru. Disarankan agar guru dari hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu solusi pengembangan pembelajaran khususnya pada tema Daerah Tempat Tinggalku sehingga pelaksanaan proses belajar mengajar lebih bervariasi sesuai dengan kebutuhan siswa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI