DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MUATAN PPKN TEMA KEGIATANKU MENGGUNAKAN KOMBINASI STUDEN TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS, PICTURE AND PICTURE, SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS 1 SDN MANARAP LAMA 1 KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:MUFIDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-24


Permasalahan yang terjadi dalam penelitian ini ada pada siswa kelas 1 SDN Manarap Lama 1 Kabupaten Banjar yaitu rendahnya aktivitas belajar siswa pada tema kegiatanku. Penyebabnya adalah kurang tepatnya strategi pengajaran, siswa tidak terlibat langsung dalam proses pembelajaran, materi sulit dipahami oleh siswa dan kurangnya minat dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa melalui model Student Teams Achievement Divisions Picture and Picture dan Snowball Throwing.

Penelitian ini menggunakan prosedur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam empat pertemuan, dengan setting siswa kelas 1 SDN Manarap Lama 1 Kabupaten Banjar pada siswa yang berjumlah 32 orang. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif berupa observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa serta data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis. Indikator keberhasilannya ialah aktivitas guru memperoleh skor dalam kriteria “Sangat Baik”, secara klasikal aktivitas siswa mencapai kriteria “Sangat Aktif” dari keseluruhan siswa, dan secara klasikal hasil belajar siswa dengan nilai setidaknya ≥70 atau mencapai ≥81% dari keseluruhan siswa yang berada dalam kriteria “Tuntas”.

Hasil penelitian yang diperoleh dalam kegiatan pembelajaran, aktivitas guru mengalami kecenderungan meningkat dari kriteria baik menjadi sangat baik. Persentase aktivitas siswa secara klasikal juga mengalami kecenderungan meningkat dari kriteria cukup aktif menjadi sangat aktif. Hasil belajar siswa secara klasikal juga mengalami kecenderungan meningkat dari tidak tuntas menjadi tuntas. Hal ini menunjukkan sudah tercapainya indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini dapat disimpulkan aktivitas guru mencapai kriteria dengan sangat baik, aktivitas siswa dengan sangat aktif dan hasil belajar sudah memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan. Disarankan kepada guru, kepala sekolah dan peneliti lain untuk menjadikan hasil penelitian ini sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran untuk membantu siswa mencapai hasil belajar yang lebih baik.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI