DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATAKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PECAHAN SENILAI MENGGUNAKAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME), STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD), DAN MAKE A MATCH PADA KELAS IV SDN TAMBAK DANAU ASTAMBUL
PENGARANG:NORLAILA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-24


ABSTRAK

Norlaila, 2019. Meningkatakan Hasil Belajar Pada Materi Pecahan Senilai Menggunakan Model Realistic Mathematics Education (RME), Student Team Achievement Division (STAD), Dan Make A Match Pada Kelas IV SDN Tambak Danau Astambul. Skripsi Program S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Sunarno, M.Pd.  

Kata kunci: Matematika, Pecahan Senilai, Model Realistic Mathematics Education (RME), Student Team Achievement Division (STAD, Make A Match.

Masalah dalam penelitian ini adalah siswa kurang memahami konsep pecahan, sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Hal ini disebabkan karena siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran, pembelajaran kurang bervariasi, dan siswa menganggap matematika itu sulit. Untuk mengatasi masalah tersebut digunakan kombinasi model Model Realistic Mathematics Education (RME), Student Team Achievement Division (STAD), Dan Make A Match.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dikelas IV SDN Tambak Danau pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 12 orang. Tekhik pengambilan data menggunakan cara observasi aktifitas guru, aktivitas siswa, sedangkan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan tes tertulis diakhir pelajaran. Indikator keberhasilan dimana aktivitas guru dikatakan berhasil apabila mencapai kategori sangat baik, aktivitas siswa apabila secara klasikal mencapai kriteria sangat aktif, dan hasil belajar siswa dianggap tuntas apabila secara klasikal mencapai 80 % dari jumlah siswa yang memperoleh nilai 70. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas guru dari pertemuan 1 dengan kriteria baik meningkat menjadi kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pertemuan 2 dengan kriteria aktif menjadi sangat aktif pada pertemuan 2. Ketuntasan hasil belajar siswa dari yang tidak tuntas pada pertemuan 1 menjadi tuntas pada pertemuan 2.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, dan hasil belajar siswa meningkat dengan digunakannya model Model Realistic Mathematics Education (RME), Student Team Achievement Division (STAD), Dan Make A Match. sehingga dapat disarankan kepada guru untuk dijadikan sebagai salah satu alternative dalam strategi pembelajaran matematika materi pecahan senilai pada kelas 4 untuk  meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI