DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN ASPEK SOSIAL EMOSIONAL ANAK DALAM BERSIKAP KOOPERATIF DENGAN TEMAN MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES DAN MODEL ROLE PLAYING DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA KELOMPOK B DI RA MIFTAHUL JANNAH BANJARMASIN UTARA
PENGARANG:FITRI HIDAYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-24


Hidayati, Fitri 2019. Mengembangkan Aspek Sosial-Emosional Anak Dalam Bersikap Kooperatif dengan Teman menggunakan Kombinasi Model Examples non Examples dan Model Role Playing dengan Media Boneka Tangan di Kelompok B di RA Miftahul Jannah Kecamatan Banjarmasin Utara. Skripsi Program S-1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Ali Rachman, M.Pd Kata Kunci: Model Pembelajaran Examples Non Examples , Role Playing Sosial Emosional, Bersikap Kooperatif Penelitian ini dilakukan karena melihat fakta di lapangan bahwa hasil pengembangan anak masih kurang dalam bidang pengembangan pada aspek sosial emosional dan kemandirian anak, khususnya pada aspek sosial-emosional dalam hal bersikap kooperatif anak. Salah satu penyebabnya adalah pembelajaran yang menggunakan LKS, sehingga kurangnya minat anak untuk mengetahui sikap kerjasama dengan teman. Untuk mengatasi masalah tersebut digunakan kombinasi model pembelajaran Examples non Examples dan model Role playing dengan media boneka tangan, karena dapat mengembangkan aspek sosial emosional anak yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru dalam proses belajar mengajar, aktivitas anak dan hasil belajar anak pada kegiatan Examples Non Examples dan kegiatan Role playing (bermain peran) dan menggunakan media boneka tangan dalam rangka untuk mengembangkan aspek sosial emosional anak kelompok B di RA Miftahul Jannah Banjarmasin Utara. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan instrumen penilaian yang digunakan adalah observasi aktivitas guru, observasi aktivitas anak dan hasil perkembangan sosial emosional anak. Adapun setting penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B di RA Miftahul Jannah pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah anak 15 anak yang terdiri dari 6 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Aktivitas guru dalam melaksanakan langkah-langkah Model Pembelajaran Examples Non Examples dan Role playing dengan media boneka tangan selama proses pembelajaran dalam aktivitas guru mencapai kategori sangat baik, Untuk aktivitas anak mencapai kategori sangat aktif dan hasil belajar anak mencapai kategori sangat baik. Berdasarkan temuan di atas dapat disimpulkan bahwa hasil pengembangan anak pada aspek sosial emosional anak dalam bersikap kooperatif dengan teman menggunakan kombinasi model pembelajaran Examples Non Examples dan model Role Playing dengan media boneka tangan pada anak kelompok B RA Miftahul Jannah dapat berkembang. Oleh karena itu, model pembelajaran Examples Non Examples dan model Role playing dengan media boneka tangan dapat menjadi salah satu alternatif dalam memilih dan merancang pembelajaran yang akan diterapkan di kelas khususnya dalam mengembangkan aspek sosial emosional anak dalam bersikap kooperatif dengan teman.
Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI