DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI LEMBAGA-LEMBAGA NEGARA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DIKOMBINASIKAN DENGAN MIND MAPPING DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS VI SDN PASAR JATI 3 KECAMATAN ASTAMBUL KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:HERLINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-24


Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar PKn pada materi lembaga-lembaga Negara di SDN Pasar Jati 3. Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran kemudian tidak adanya interaksi antara siswa di dalam kelas untuk menambah pengetahuan seperti halnya bertukar fikiran atau berdikusi dengan teman sekelas sehingga tidak mengembangkan pola pikirnya. Oleh karena itu, perlu ditambahkan suatu inovasi dalam pembelajaran dengan tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta untuk menganalisis apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada materi mengenal Jenis-jenis Usaha Perekonomian dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation dikombinasikan dengan Mind Mapping dan Talking Stick.

Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 siklus dengan setting penelitian yaitu siswa kelas V SDN Pasar Jati 3. Dengan jumlah siswa 22 orang, 14 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Data diperoleh dari lembar observasi pengamatan dan nilai evaluasi hasil belajar siswa melalui tes tertulis. Analisis data yang digunakan berdasarkan perhitungan distribusi frekuensi dengan persentase.

Berdasarkan hasil penelitian ini, penggunaan model pembelajaran model Group Investigation Dikombinasikan dengan Mind Mapping dan Talking Stick.dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru SDN Pasar Jati 3 telah terlaksana sesuai dengan harapan dan telah mencapai kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa meningkat pada setiap siklusnya dan mencapai kategori “Sangat Aktif”. Hasil belajar telah mencapai ketuntasan yang diinginkan baik secara individu maupun klasikal.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation dikombinasikan dengan Mind Mapping dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas guru, siswa dan hasil belajar pada mata pelajaran PKn materi lembaga-lembaga Negara. Disarankan kepada para guru khususnya mata pelajaran PKn dapat dijadikan sebagai dasar pertimbangan untuk menggunakan model-model pembelajaran Group Investigation dikombinasikan dengan Mind Mapping dan Talking Stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI