DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI PEMERINTAH PUSAT DAN LEMBAGA NEGARA MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION DIKOMBINASIKAN DENGAN MODEL INSIDE OUTSIDE CIRCLE DAN WORD SQUARE PADA SISWA KELAS IV SDN BATU BALIAN 2 SIMPANG EMPAT KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:SALAMIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-24


Rendahnya hasil belajar PKn pada materi Pemerintahan Pusat dan Lembaga Negara disebabkan karena siswa cenderung hanya belajar secara individual dengan menerima, mencatat dan menghafal materi pelajaran sehingga mengakibatkan siswa menjadi pasif dan kurang berminat serta tidak dapat mengembangkan aktivitas dan pola pikirnya, akibatnya pembelajaran menjadi tidak efektif dan membosankan di dalam kelas. Keadaan seperti ini sangat mengurangi tanggung jawab siswa atas tugas belajarnya, jika hal ini dibiarkan dikhawatirkan akan berdampak terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu, perlu ditambahkan suatu inovasi dalam pembelajaran dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada materi mengenal Jenis-jenis Usaha Perekonomian dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation, Inside Outside Circle dan Word Square.

Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 siklus dengan setting penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Batu Balian 2. Dengan jumlah siswa 20 orang, 11 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Data diperoleh dari lembar observasi pengamatan dan nilai evaluasi hasil belajar siswa melalui tes tertulis. Analisis data yang digunakan berdasarkan perhitungan distribusi frekuensi dengan persentase

Berdasarkan hasil penelitian ini, penggunaan model pembelajaran model Group Investigation, Inside Outside Circle dan Word Square dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru SDN Batu Balian 2telah terlaksana sesuai dengan harapan dan telah mencapai kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa meningkat pada setiap siklusnya dan mencapai kategori “Sangat Aktif”. Hasil belajar telah mencapai ketuntasan yang diinginkan baik secara individu maupun klasikal.

Berdasarkan temuan hasil penelitian ini, disarankan kepada para guru khususnya mata pelajaran PKn dapat dijadikan sebagai dasar pertimbangan untuk menggunakan model-model pembelajaran Group Investigation, Inside Outside Circle dan Word Square untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami pembelajaraan PKn.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI