DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI ORGAN TUBUH MANUSIA MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)DIKOMBINASIKAN DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DANWORD SQUARE DI KELAS V SDN BENUA ANYAR DANAU SALAK 2 KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:ERNA ARIYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-24


Masalah dalam penelitian iniadalah rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan siswabelum dapat memahami materi dengan baik, siswa kurang bisa berkomunikasi dan bekerja sama dalam kelompok, siswa masih banyak yang kurang aktif dalam pembelajaran, dan siswa kurang berani mengungkapkan pendapatnya dalam materi Organ Tubuh Manusia. Hal ini terjadi karenaaktivitas siswa dalam pembelajaranmasih sangat rendah yang membuat kurangnya minatsiswa terhadappelajaran yang akan dipelajari. Dan juga siswa kurangterlibat dengan dunianyata dalammemahamimateri,sehingga pembelajarankurang bermaknabagi siswa. Upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD)DikombinasikanDenganNumbered Head Together (NHT) danWord Square (WS).

Pendekatan penelitian inimenggunakan deskriptifkualitatif, sedangkan jenisnya adalah Penelitian Tindakan Kelas.Penelitian ini dilakukan di SDN BenuaAnyarDanauSalak 2 pada siswakelasV dengan jumlahsiswa 14orang tahun ajaran 2018/2019.Objek penelitian ini adalahpembelajaran Organ TubuhManusiadengan menggunakan kombinasi modelStudent Teams Achievement Divisions (STAD)DikombinasikanDenganNumbered Head Together (NHT) danWord Square (WS). Teknik analisis yang digunakan adalahanalisis data kualitatifdan data kuantitatif. Data kuantitatifdiperoleh melaluiteknik pengukurandengan tes tertulis siswa, sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasilobservasiaktivitas guru dan siswa. Teknik analisa datamenggunakanrata-rata danpersentase penskoran.

Hasil penelitianmenunjukkanbahwa modelStudent Teams Achievement Divisions (STAD)DikombinasikanDenganNumbered Head Together (NHT) DAN Word Square (WS)dapat diketahuiaktivitas guru dari siklusI dengan perolehan skor72,22meningkatmenjadi94,44 pada siklus IV. Aktivitas siswa siklusIberdasarkanklasikal 59,02% meningkat menjadi 89,58%pada siklus IV. Hasil belajarsiswa mencapaiindikatorkeberhasilan yang diharapkan, pada siklus I mencapai46% dan meningkatpada siklus IVmenjadi 91,67%.

Kesimpulan penelitian ini adalahaktivitas guru terlaksananyasangat baik, aktivitassiswa sudah sangat aktifdan hasil belajartelah mencapai ketuntasan baikberdasarkanindividumaupun klasikal. Disarankan kepada guru untuk menggunakankombinasi model Student Teams Achievement Divisions (STAD)DikombinasikanDenganNumbered Head Together (NHT) danWord Square (WS) sebagai alternatif dalam memilih model pembelajaran

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI