DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MUATAN IPS TEMA KAYANYA NEGERIKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION, NUMBERED HEADS TOGETHER DAN SCRAMBLE DI KELAS IV SDN PEKAPURAN RAYA 1 BANJARMAIN
PENGARANG:MUHAMMAD FITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-25


ABSTRAK

Fitri, Muhammad. 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Muatan IPS Tema

Kayanya Negeriku Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran  Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT), dan Scramble di Kelas IV SDN Pekapuran Raya 1 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Metroyadi, S.H., M.Pd.

Kata Kunci: Meningkatkan Aktivitas Belajar, Kombinasi Model Group

Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT), Scramble.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV SDN Pekapuran Raya 1 Banjarmasin. Hal ini disebabkan pembelajaran yang dilaksanakan menggunakan metode dan model pembelajaran yang kurang dikuasai, pada proses belajar siswa kurang terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas siswa yaitu dengan menggunakan kombinasi model Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT), dan Scramble. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan pada empat kali pertemuan. Sobjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Pekapuran Raya 1 Banjarmasin tahun pembelajaran 2018/2019. Jenis data dalam penelitian ini kualitatif dan kuantitatif diperoleh melalui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I dan II mencapai kriteria kurang aktif, pertemuan III mencapai kriteria Aktif dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria tidak aktif, pada pertemuan II mencapai kriteria kurang aktif, pada pertemuan ke III mencapai kriteria aktif, pada pertemuan terakhir IV mencapai kriteria sangat aktif. Pada pertemuan I ketuntasan hasil klasikal belajar siswa 23%, Pada pertemuan II ketuntasan hasil klasikal belajar siswa 33%, Pada pertemuan III ketuntasan hasil klasikal belajar siswa 40%, Pada pertemuan IV ketuntasan hasil klasikal belajar siswa 83%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Kombinasi Model Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT), dan Scramble,  dapat meningkatkan aktivitas siswa pada muatan IPS tema Kayanya Negeriku di kelas IV SDN Pekapuran Raya 1 Banjarmasin dan hipotesis dapat diterima.

 

ABSTRAK

 

Fitri, Muhammad. 2019. Improving Student Learning Activities with IPS Theme

 

Content Looks like my country uses a combination of Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT), and Scramble Learning Models in Class IV SDN Pekapuran Raya 1 Banjarmasin. Thesis Study Program for Elementary School Teacher Education. Faculty of Teacher Training and Education. Lambung Mangkurat University Banjarmasin. Advisor Dr. H. Metroyadi, S.H., M.Pd.

Keywords: Increase Learning Activities, Group Model Combinations Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT), Scramble.

 

The problem in this study is the low learning activities of students in learning so as to result in low student learning outcomes in class IV SDN Pekapuran Raya 1 Banjarmasin. This is due to learning conducted using learning methods and models that are less mastered, in the learning process students are less actively involved in the learning process. One effort to increase student activity is to use a combination of Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT), and Scramble models. The purpose of this study is to determine the quality of teacher activities, student activities, and to improve student learning outcomes.This study uses a qualitative research approach to the Classroom Action Research (CAR), which is conducted at four meetings. The object of the study was the fourth grade students of the even semester of SDN Pekapuran Raya 1 Banjarmasin in 2018/2019 academic year. The types of data in this study were qualitative and quantitative obtained through teacher activities, student activities, and student learning outcomes.

The results of this study indicate that teacher activity at meetings I and II reached the less active criteria, meeting III reached Active criteria and meeting IV reached very active criteria. Student activities at the first meeting reached the criteria of inactivity, at the second meeting reached the criteria of less active, at the third meeting reached the active criteria, at the last meeting IV reached the very active criteria. At meeting I completeness of classical learning outcomes of students 23%, at meeting II completeness of classical learning outcomes of students 33%, at meeting III completeness of classical learning outcomes of students 40%, at meeting IV completeness of classical learning outcomes of students 83%.

Based on these findings it can be concluded that the combination of the Group Investigation (GI) Model, Numbered Heads Together (NHT), and Scramble, can increase student activity on social content on the theme of My Negativity in Class IV SDN Pekapuran Raya 1 Banjarmasin and the hypothesis acceptable.

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI