DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA BENDA-BENDA DISEKITAR KITA DENGAN MUATAN IPS MELALUI KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELECTUALLY, POSTER COMMENT DAN TIME TOKEN PADA KELAS V SDN SN TELUK DALAM 3 BANJARMASIN
PENGARANG:ISMIATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-25


Permasalahan pembelajaran pada siswa kelas V SDN SN Teluk Dalam 3 Banjarmasin yaitu kurangnya interaksi siswa dengan siswa yang lain (individualis), kurangnya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, siswa belum mampu untuk befikir logis, kritis pada tema benda-benda disekitar kita muatan IPS. Hal ini disebabkan karena tidak adanya kerja kelompok antar siswa, siswa tidak terlibat langsung saat proses pembelajaran, penggunaan media dan model pembelajaran yang kurang maksimal. Oleh karena itu kombinasi model SAVI, poster comment dan time token ditempuh untuk pembelajaran yang lebih melibatkan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru dan aktivitas siswa apakah berdampak pada hasil belajar siswa.

            Penelitan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN SN Teluk Dalam 3 Banjarmasin pada semester dua (genap) tahun ajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V C yang berjumlah 27 orang terdiri dari 16 siswa dan 11 siswi. Cara pengambilan data dengan teknik observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar yang digali dengan tes belajar setiap pertemuan.  Indikator keberhasilannya apabila aktivitas guru mendapat kriteria “ Sangat Baik”, aktivitas siswa kriteria “Sangat Aktif”, dan hasil belajar siswa mencapai nilai ≥75 dan secara klasikal mencapai ≥80%.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pertemuan 1 dengan kriteria Baik, pertemuan 2 dengan  kriteria Sangat Baik, pertemuan 3 dengan kriteria Sangat Baik dan pertemuan 4 dengan kriteria Sangat Baik. Hasil aktivitas siswa pertemuan 1 dengan presentase 14,8% kategori Sangat Aktif, pertemuan 2 dengan  persentase 30% kategori Sangat Aktif, pertemuan 3 dengan persentase 77% kategori Sangat Aktif dan pertemuan 4 dengan persentase 92% kategori sangat aktif. Ketuntasan hasil belajar siswa dari yang tidak tuntas pada pertemuan 1 dan 2 menjadi tuntas pada pertemuan 3 dan 4.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, terjadi peningkatan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan Kombinasi SAVI, poster comment dan time token sehingga dapat disarankan kepada guru untuk dijadikan sebagai salah satu alternatif dan strategi pembelajaran IPS tema benda-benda disekitar kita di kelas V untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI