DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN PENGELOLAAN KEUANGAN DESA ( Studi Kasus Pada Delapan Desa di Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar)
PENGARANG:MUHAMMAD NAUFAL APDHALI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-25


ABSTRAK

Muhammad Naufal Apdhali (2019). Penerapan Pengelolaan Keuangan Desa pada 8 Desa di Kecamatan Astambul. Pembimbing: Chairina, SE, M.Si, Ak, CA.

Penelitian ini dilakukan terkait dengan pertanggungjawaban pengelolaan Keuangan Desa di Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui akuntabilitas dari pemerintah desa di kecamatan Astambul dalam pengelolaan keuangan desanya, Untuk mengetahui apakah pemerintahan desa melakukan pengelolaan keuangan desa sesuai dengan regulasi yang ada yaitu Peraturan Bupati Banjar Nomor 03 Tahun 2017 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 113 Tahun 2014 tentang pengelolaan Keuangan Desa sehingga dapat membuktikan dan menjelaskan rencana-rencana strategik yang telah direncanakan dan ditetapkan oleh  pemerintahan desa dapat berjalan sesuai dengan perencanaan atau tujuan awal dengan efektif dan efisien.

 

Penelitian ini dilakukan pada delapan desa di wilayah Kecamatan Astambul. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, wawancara langsung dengan aparatur desa, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dengan fokus penelitian pada proses perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban dalam pengelolaan keuangan desa.

 

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan Keuangan desa pada 8 desa di kecamatan Astambul sudah berjalan baik dari  tahap perencanaan, pelaksanaan, penatausahaannya telah menerapkan prinsip transparansi dan akuntabilitas sesuai dengan regulasi yang ada. Sedangkan pada tahap pelaporan dan pertanggungjawaban Pengelolaan keuangan Desa baik secara teknis maupun administrasi sudah baik dan sesuai dengan regulasi, namun harus tetap diberikan bimbingan dari pemerintah kecamatan Astambul untuk meningkatkan pemahaman tentang pengelolaannya karena kedua tahap ini harus mempunyai pemahaman yang lebih.

Kata Kunci: Keuangan Desa , Perencanaan, Pelaksanaan, Penatausahaan,Pelaporan, Pertanggungjawaban

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI