DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Mengembangkan motorik halus anak dalam kegiatan menempel dengan kombinasi model demonstrasi dan model snowball throwing menggunakan media kolase dikelompok B taman kanak kanak negeri pembina kapuas timur
PENGARANG:AULIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-25


 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan anak dalam kegiatan menempel dalam pembelajaran pada anak kelompok B TK Negeri Pembina Kapuas Timur pada kegiatan menempel. Rendahnya Pemahaman anak ini disebabkan oleh Kurangnya kreatifitas dalam membuat media sehingga anak tidak tertarik dalamkegiatan pembelajaran menempel. Untuk mengatasi hal tersebut maka pembelajaran melalui model demonstrasi dan model snowball throwing menggunakan  media kolase. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasilcapaian  perkembangan kemampuan anak dalam mengenal simbol-simbol huruf. 

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Peneltian ini dilaksanakan 4 kali pertemuan. Setting penelitianini dilaksanakan dikelompok A TK Negerei Pembina Kapuas Timur. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dengan indikator keberhasilan aktivitas anak dikatakan berhasil apabila mencapai kriteriasangat aktif,aktivitas guru dikatakan berhasil apabila mencapai kriteria sangat baik. Hasil capaian perkembangan anak minimal 82% mendapat nilai??? dan????

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas anak meningkat pada pertemuan 4 dengan hasil sangat aktif, aktivitas guru mengalami peningkatan dalam empat kalipertemuan dengan kriteria sangat baik, dan hasil capaian perkembangan kemampuan anak mengalami peningkatan pada pertemuan terakhir dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). 

Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan kombinasi model demonstrasi dan model snowball throwing mengunakan media kolase dapat meningkatkan hasil aktivitas guru, aktivitas anak dan capaian perkembangan anak pada setiap pertemuannya. Dengan penelitian ini pula, hendaknya guru lebih terampil dalam menggunakan model-model dan media pembelajaran yang variatif, sehingga anak dapat termotivasi dalam kegiatan belajar secara keseluruhan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI