DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI STRUKTUR BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN EXPLICIT INSTRUCTION PADA KELAS IV SDN ARANIO 2
PENGARANG:NORMAWATI NINGSIH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-25


NORMAWATI NINGSIH. 2019.  Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Struktur Bagian Tumbuhan dan Fungsinya Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan Numbered Head Together (NHT) dan Explicit Instruction PadaKelas IV SDN Aranio 2. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Metroyadi, SH, M.Pd.

Kata kunci :    Hasil belajar, Pendekatan Team Assisted Individualization (TAI) dengan Numbered Head Together (NHT) dan Explicit Instruction, Struktur Bagian Tumbuhan dan Fungsinya.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa rendah karena rendahnya minat belajar siswa untuk mengikuti pelajaran yang diajarkan oleh guru, siswa akan pasif dan merasa bosan karena suasana belajar yang tidak menyenangkan dan tidak termotivasi untuk mengikuti pelajaran. Guru hanya menggunakan metode ceramah dan tidak menggunakan media pembelajaran untuk mendukung kegiatan pembelajaran Sehingga memperoleh hasil belajar kurang dari kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 60. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar materi pada siswa kelas IV SDN Aranio 2 dengan penerapan Pendekatan Team Assisted Individualization (TAI) dengan Numbered Head Together (NHT) dan Explicit Instruction.

Penelitian ini merupakan tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Siklus I dan siklus II masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan dengan menggunakan Pendekatan Team Assisted Individualization (TAI) dengan Numbered Head Together (NHT) dan Explicit Instruction. Pada setiap akhir siklus diadakan evaluasi akhir. Setting penelitian ini adalah siswa kelas IV pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 24 orang Siswa yang terdiri dari 15 orang laki – laki dan 9 orang perempuan. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi siswa dalam pembelajaran, lembar kerja kelompok, lembar kerja siswa, tes tertulis berupa tes evaluasi secara individu. Teknik analisa data menggunakan interpretasi penskoran berdasarkan hasil observasi dan nilai tes tertulis pada akhir proses pembelajaran.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Pendekatan Team Assisted Individualization (TAI) dengan Numbered Head Together (NHT) dan Explicit Instruction terhadap aktivitas guru dalam pembelajaran memperoleh kriteria penilaian sangat baik, aktivitas siswa telah mengalami perbaikan dengan kriteria penilaian sangat aktif pada saat bekerjasama mengerjakan tugas menunjukkan terjadi interaksi antara siswa di dalam kelompok, siswa dengan siswa dan siswa dengan guru, serta dapat disimpulkan bahwa penggunaan Pendekatan Team Assisted Individualization (TAI) dengan Numbered Head Together (NHT) dan Explicit Instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV semester 1 Struktur Bagian Tumbuhan dan Fungsinya di SDN Aranio 2 tahun ajaran 2018/2019.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Pendekatan Team Assisted Individualization (TAI) dengan Numbered Head Together (NHT) dan Explicit Instruction menunjukkan aktivitas guru sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif dan meningkatkan hasil belajar dalam Struktur Bagian Tumbuhan dan Fungsinya pada siswa kelas IV SDN Aranio 2. Saran bagi guru untuk mengembangkan Pendekatan Team Assisted Individualization (TAI) dengan Numbered Head Together (NHT) dan Explicit Instruction sebagai salah satu alternatif pilihan dalam rangka meningkatkan proses belajar mengajar disekolah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI