DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | Manajemen Pengembangan Sumber Daya Guru Sekolah Menengah Pertama | |
PENGARANG | : | RAMANG | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2019-11-25 |
Manajemen sumber daya tenaga pendidik merupakan suatu aktifitas
menajemen yang mencakup penetapan norma, standar, prosedur pengangkatan,
pembinaan, penatalaksanaan, kesejahteraan dan pemberhentian tenaga pendidik di
sekolah agar dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dalam pencapaian tujuan
institusional sekolah. Tujuan penelitian: (1) mendeskripsikan manajemen
pengembangan sumber daya guru meliputi prestasi, manajemen reward dan
pelatihan dan pengembangan, (2) keberhasilan dari manajemen pengembangan
sumber daya guru, (3) faktor penentu dari keberhasilan dan kegagalan manajemen
pengembangan sumber daya guru.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dengan rancangan studi kasus. Subyek penelitian adalah: kepala sekolah,
guru, serta warga sekolah di SMPN 1 Katingan Hilir dan SMPN 5 Katingan Hilir.
Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan teknik
dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan
kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Data yang
terkumpul diperiksa dan dilakukan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Kemudian data dianalisis dengan analisis tunggal dan analisis lintas situs.
Hasil temuan pada SMPN 1 Katingan Hilir dan SMPN 5 Katingan Hilir
menunjukkan bahwa sekolah memiliki manajemen pengembangan sumber daya
guru meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan
evaluasi. Dengan faktor kegagalan yaitu dana, guru kurang motivasi serta faktor
penentu keberhasilan adalah upaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu
pendidikan di sekolah. Proses perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pada manajemen
prestasi; proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi pada
manajemen reward; proses perencanaan, pengorganisasian, pengawasan dan
evaluasi pada kegiatan pelatihan dan pengembangan. Dengan faktor kegagalan
yaitu semangat guru dalam pengembangan sumber daya guru serta faktor penentu
keberhasilan adalah upaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di
sekolah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SMPN 1 Katingan Hilir dan SMPN
5 Katingan Hilir telah melakukan menajemen pengembangan sumberdaya guru dari
sisi manajemen prestasi, manajemen reward, dan pemberian pelatihan dan
pengembangan. Selain itu, dalam penelitian ini juga diidentifikasi beberapa faktor
penentu keberhasilan dan kegagalan manajemen sumberdaya guru di dua sekolah
tersebut. Diharapkan, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan
pertimbangan dalam melaksanakan manajemen pengembangan sumberdaya guru
di sekolah lain.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI