DIGITAL LIBRARY



JUDUL:FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) DI KOTA MUARA TEWEH KABUPATEN BARITO UTARA
PENGARANG:MEDITIA MONICA PUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-25


ABSTRAK

 

Meditia Monica Putri, (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Pada Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kota Muara Teweh Kabupaten Barito Utara. Pembimbing: Achmad Suhaili, SE, M.Si, Ak, CA

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan unit usaha kelompok masyarakat yang  mampu memperluas lapangan kerja dan memberikan layanan ekonomi secara luas kepada masyarakat. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk mengembangkan UMKM adalah dengan penggunaan sistem informasi akuntansi. Adanya sistem informasi dapat mempengaruhi strategi yang akan diambil dan dijalankan perusahaan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pendidikan pemilik, skala usaha, umur usaha, dan jenis usaha terhadap penggunaan sistem informasi akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah 3.161 UMKM yang berada di Kecamatan Teweh Tengah. Sampel penelitian ini sebanyak 100 UMKM dengan tekhnik pengumpulan data menggunakan kuesioner.

Metode yang digunakan dalam peneliian ini adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan software SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan dan jenis usaha berpengaruh terhadap penggunaan sistem informasi akuntansi. Sedangkan skala usaha dan umur usaha tidak berpengaruh terhadap penggunaan sistem informasi akuntansi.

Kata Kunci: UMKM, Sistem Informasi Akuntansi, Pendidikan Pemilik, Umur Usaha, Skala Usaha dan Jenis Usaha

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI