DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DARI KAMPUNG DAYAK KE KAMPUNG RELIGI : PERKEMBANGAN KAMPUNG BASIRIH, BANJARMASIN DARI TAHUN 1945 SAMPAI 2015
PENGARANG:Abdul Kadir
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-25


ABSTRAK

Abdul Kadir, 2019. Dari Kampung Dayak Kekampung Religi : Perkembangan Kampung Basirih, Banjarmasin Dari Tahun 1945 Sampai Abad 2015.Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat.Pembimbing I Drs. Hairiyadi, M. Hum. Pembimbing II Drs. Rusdi Effendi, M.Pd.

 

Kata Kunci : Basirih,Dayak Ngaju,Mesjid Tua,Kubah Keramat.

Kampung Basirih merupakan salah satu dari sekian kampung tua yang di Kota Banjarmasin. Selain itu ada hal membuat ketertarikan pada kampung tersebut yakni adalah kampung pada masanya ditempati oleh Dayak Ngaju sekarang menjadi kampung religi muslim. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui latar belakang kampung Basirih, memahami kampung Basirih dari hasil kumpulan cerita rakyat, mengetahui perkembanganaktivitas masyarakat kampung Basirih yang menandakan sebagai kampung religi.

Penelitian ini menggunakan metode sejarah, yang diawali dengan heuristik menghimpun data primer dan sekunder, seperti 1.Wawancara, 2. Arsip-arsip, milik instansi pemerintah, 3. Foto-foto. Kemudian verifikasi dikritik, dianalisis dan interpretasi ditafsirkan untuk kemudian disusun dalam bentuk tulisan.

Hasil penelitian merupakan Basirih pada masanya ditempati oleh komunitas Dayak Ngaju, namun kedatangan para kaum Muslim membuat perubahan pada sistem religi di kampung tersebut, hingga sekarang terlihat perubahan yang signifikan dalam aktivitas masyarakat kampung Basirih, sehingga kampung tersebut dikatakan kampung religi. Bukti nyata yaitu adanya bangunan masjid tua, ponpes tua, Maulid Habsy serta bangunan tua bercorak Islam, makam Habaib, serta tradisi tolak bala kampung dengan ritual syair-syair Islamnya. 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI