DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGUNGKAPAN ISLAMIC CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (ICSR) DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
PENGARANG:REISTIAWATI UTAMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-25


ABSTRAKSI

 

 

Perusahaan mempertahankan kelangsungan hidupnya dengan menjaga kinerja  keuangan perusahaan dan menjaga hubungan baik  dengan para stake holder nya. Islamic  Social Responsibility (ICSR) dan Good Corporate Governance (GCG) merupakan bentuk pertanggung jawaban perusahaan terhadap para stake holder nya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh pengungkapan ICSR dan GCG terhadap  Kinerja Keuangan Perusahaan serta menganalisa pengaruh pengungkapan ICSR dan GCG terhadap Nilai Perusahaan melalui Kinerja Keuangan Perusahaan.

Dalam penelitian ini proksi variabel yang digunakan adalah Indeks ISR     (Islamic Social Reporting), Indeks GCG  yang bersumber dari KNKG dan OJK, ROE serta PBV.  Sampel Perusahaan adalah perusahaan yang masuk dalam JII (Jakarta Islamic Index) periode 2016 - 2018. Analisa data dan pengujian hipotesis dengan teknik Regresi efek Mediasi menggunakan algoritma SEM - PLS yang dijalankan dengan software Smart PLS 3.0.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ICSR berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan, ICSR berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan, GCG berpengaruh positif signifikan terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan, GCG berpengaruh positif signifikan terhadap Nilai Perusahaan, Kinerja Keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap Nilai Perusahaan, Kinerja Keuangan tidak mampu memediasi hubungan  pengaruh ICSR terhadap Nilai Perusahaan, Kinerja Keuangan mampu memediasi hubungan  pengaruh GCG terhadap Nilai Perusahaan.

 

Kata Kunci : ICSR (Islamic Corporate Social Responsibility), GCG (Good Corporate Governance (GCG), Kinerja Keuangan, Nilai Perusahaan, Intervening, JII.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI