DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PENYESUAIAN MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION, MIND MAPPING, DAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SDN SUNGAI BANGKAL KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:HIKMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-25


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya di kelas V SDN Sungai Bangkal Kabupaten Banjar.Penelitian berikut ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada kelas V SDN Sungai Bangkal Kabupaten Banjar dengan jumlah siswa di kelas tersebut adalah 11 siswa yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan pada tahun ajaran 2017/2018. Penggalian data penelitian ini terdiri dari model siklus dan teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi terhadap guru dan siswa dan tes hasil belajar siswa. Dengan indikator keberhasilan belajar KKM individu ≥70% dan KKM klasikal 80%.Berdasarkan hasil penelitiandisimpulkan bahwa melalui model Group Investigation, Mind Mapping, dan Media Gambardapat mengetahui aktivitas guru, aktifitas siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa pada materi materi penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya di SDN Sungai Bangkal Kabupaten Banjar. Aktivitas guru kategotri sangat baik. Aktivitas siswa sangat aktif, hasil belajar tuntas

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI