DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS TEMA BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING, NUMBERED HEADS TOGETHER DAN COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS V SDN WASAH TENGAH KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN
PENGARANG:AGHNY RAISA KARIMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-25


Karima, Aghny Raisa. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPS Tema Benda-benda di Sekitar Kita Menggunakan Kombinasi Model Student Facilitator and Explaining, Numbered Heads Together dan Course Review Horay pada Siswa Kelas V SDN Wasah Tengah Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Ahmad Muhyani Rizalie, M.Si.

Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Tema Benda-benda di Sekitar Kita, Student Facilitator and Explaining, Numbered Heads Together, Course Review Horay.

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mauatan IPS tema Benda-benda di Sekitar Kita di kelas V SDN Wasah Tengah. Masalah ini disebabkan materi sulit dipahami siswa, pembelajaran yang didominasi oleh siswa cerdas, siswa mudah bosan dalam mengukuti pembelajaran, belum berkembangnya sikap rasa ingin tahu, kerjasama dan tanggung jawab pada siswa serta kurangnya keterampilan berkomunikasi pada siswa. Peneliti menggunakan kombinasi model Student Facilitator and Explaining, Numbered Heads Together dan Course Review Horay untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan IPS tema Benda-benda di Sekitar Kita melalui kombinasi model Student Facilitator and Explaining, Numbered Heads Together dan Course Review Horay pada siswa kelas V SDN Wasah Tengah.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenisnya adalah Penelitian Tindakan Kelas. Setting penelitian dilaksanakan di kelas V SDN Wasah Tengah pada semester genap pada tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 22 orang yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknis analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Cara pengambilan data menggunakan teknik observasi dan tes.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi model Student Facilitator and Explaining, Numbered Heads Together dan Course Review Horay didapat aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai 66,67 dengan kriteria Baik meningkat menjadi 97,22 dengan kriteria Sangat Baik pada siklus IV. Aktivitas siswa berdasarkan rata-rata kelas meningkat dari 58,08 pada siklus I menjadi 84,97 pada siklus IV, sedangkan aktivitas siswa secara klasikal meningkat dari 39,90% pada siklus I menjadi 96,97% pada siklus IV. Hasil belajar kognitif meningkat dari 63,64% pada siklus I menjadi 100% pada siklus IV, pada hasil belajar afektif meningkat dari siklus I sebesar 45,45% menjadi 100% pada siklus IV dan pada hasil belajar psikomotorik dari 36,36% pada siklus I meningkat menjadi 90,91% pada siklus IV.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada muatan IPS tema Benda-benda di Sekitar Kita menggunakan kombinasi model Student Facilitator and Explaining, Numbered Heads Together dan Course Review Horay meningkat. Disarankan agar penggunaan model ini dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas guru atau siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI