DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMANFAATAN KLENTENG SOETJI NURANI DALAM MENANAMKAN SIKAP TOLERANSI SEBAGAI NILAI SOSIAL PENDIDIKAN IPS
PENGARANG:KARINA MUTHIA MURSID
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-25


ABSTRAK

Karina Muthia Mursid. 2019. Pemanfaatan Klenteng Soetji Nurani dalam Menanamkan Sikap Toleransi sebagai Nilai Sosial Pendidikan IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Dosen Pembimbing I Prof. Dr. Drs. Ersis Warmansyah Abbas, BA, M. Pd dan Pembimbing II Mutiani, M. Pd

Tempat ibadah satu diantara banyaknya penunjang munculnya sikap toleransi. Klenteng Soetji Nurani menjadi tempat ibadah yang menciptakan sikap toleransi melalui pemanfaatan adanya bangunan tersebut. Bangunan tersebut menjadi tempat ibadah, tempat pelaksanaan kegiatan sosial, sekaligus cagar budaya di kota Banjarmasin. Adanya kegunaan lain dari Klenteng Soetji Nurani ini menciptakan sikap toleransi di masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perkembangan, pandangan dan kontribusi masyarakat karena adanya Klenteng Soetji Nurani.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif karena data didapat langsung dari lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber, triangulasi teknik, perpanjangan pengamatan, member check, dan diskusi teman sejawat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan Klenteng Soetji Nurani yang pada awal dibangun klenteng hanya digunakan sebagai tempat ibadah satu agama lalu bertambah menjadi tiga agama dan sekarang Klenteng Soetji Nurani sudah ditetapkan menjadi destinasi wisata religi di kota Banjarmasin, pandangan masyarakat terhadap Klenteng Soetji Nurani sangatlah baik dikarenakan klenteng dapat berkontribusi langsung terhadap masyarakat dalam penanaman sikap toleransi sebagai nilai sosial di masyarakat melalui adanya kegiatan yang dilaksanakan di klenteng berupa pengobatan gratis dan bakti sosial yang bisa diikuti oleh siapa saja.

Kata Kunci: Toleransi, Klenteng, dan Nilai Sosial

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI