DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF DALAM MENGENAL LAMBANG BILANGAN MENGGUNAKAN MODEL NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DIKOMBINASIKAN MODEL TALKING STICK DAN MEDIA KARTU ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A TK AL-QAROMAH PELAIHARI | |
PENGARANG | : | LIMANIWATI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2019-11-25 |
ABSTRAK
Limaniwati. 2019. Mengembangkan Kemampuan Kognitif dalam Mengenal Lambang Bilangan menggunakan Model Number Head Together (NHT) dikombinasikan Model Talking Stick dan Media Kartu Angka pada Anak Kelompok A TK Al-Qaromah Pelaihari. Skripsi Program Strata-1 PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tahun Akademik 2019/2020. Dosen Pembimbing: Dr. Hj. Darmiyati, M.Pd
Kata kunci : Kognitif, Bilangan, Number Head Together (NHT), Talking Stick,
Kartu Angka
Permasalahan yang dihadapi dalam pengembangan kemampuan kognitif adalah rendahnya hasil perkembangan kognitif dalam mengenal lambang bilangan karena anak kurang fokus dan kurangnya motivasi dalam memperhatikan guru. Akibatnya hasil perkembangan kognitif anak tahun ajaran 2017/2018 menunjukkan 12 dari 17 anak yang belum mencapai keberhasilan yaitu ≥80%. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka peneliti tertarik menggunakan model Number Head Together (NHT) dikombinasikan model talking stick dan media kartu angka, dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan kognitif dalam mengenal lambang bilangan.
Penelitianmenggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan permainan dan observasi terhadap anak kelompok A TK Al-Qaromah Pelaihariyang berjumlah 16 anak. Indikator keberhasilan yang digunakan adalah mencapai ≥80%. Faktor yang diteliti aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan anak.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai 92 dengan kategori sangat baik. Aktivitas anak mencapai 93% (hampir seluruh anak aktif). Untuk hasil kemampuan kognitif dalam mengenal lambang bilanganberhasil/berkembang dengan persentase87% anak memperoleh 򮮮.
Berdasarkan temuan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Number Head Together (NHT) dikombinasikan model talking stick dan media kartu angka dapat mengembangkan kemampuan kognitif dalam mengenal bilangan pada anak kelompok A TK Al-Qaromah Pelaihari tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan temuan hasil penelitian ini disarankan kepada guru agar menggunakan model Number Head Together (NHT) dikombinasikan model talking stick dan media kartu angka sebagai salah satu alternatif dalam upaya memudahkan proses pembelajaran sehingga hasil perkembangan anak meningkat
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI