DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGAKAN ASPEK KOGNITIF DALAM MENGKLASIFIKASIKAN BENDA BERDASARKAN BENTUK, WARNA DAN UKURAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DAN PEMBERIAN TUGAS DENGAN MEDIA BENDA ASLI PADA ANAK KELOMPOK A TK AN NUR PELAIHARI
PENGARANG:SITI RAFI'AH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-25


ABSTRAK

 

Siti, R. 2019. Mengembangakan Aspek Kognitif dalam Mengklasifikasikan Benda Berdasarkan Bentuk, Warna dan Ukuran menggunakan Metode demonstrasi dan Pemberian Tugas dengan Media Benda Asli pada Anak Kelompok A TK An Nur Pelaihari. Skripsi Program Studi-1 PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tahun Akademik 2019/2020. Pembimbing: Drs. H. Sulaiman, M.Pd, Ph.D

 

Kata kunci :  Kognitif, Klasifikasi, Demonstrasi, Pemberian Tugas, Media Benda Asli

 

Berdasarkan observasi pendahuluan yang penulis lakukan pada anak kelompok A TK An Nur Pelaihari diperoleh gambaran bahwa aspek kognitif dalam mengklasifikasikan benda berdasarkan bentuk, warna dan ukuran masih belum maksimal. Hal ini disebabkan oleh aktivitas belajar anak rendah, anak kesulitan memahami materi yang disampaikan oleh guru dan kurangnya minat anak dengan media yang digunakan guru, sehingga membuat anak tidak tertarik mengikuti pembelajaran  yang diberikan. Oleh sebab itu perlu dilakukan inovasi pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi dan pemberian tugas dengan media benda asli melalui penelitian, dengan tujuan dapat mengembangkan kemampuan kognitif dalam mengklasifikasikan benda berdasarkan bentuk, warna dan ukuran pada anak kelompok A TK An Nur Pelaihari.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan 3 kali Siklus. Pengumpulan data yaitu melalui observasi aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak kelompok A TK An Nur Pelaihari yang berjumlah 15 anak. Dengan indikator keberhasilan untuk aktivitas guru 82%-100% (Sangat Baik), aktivitas anak rata-rata kelas 81% hampir seluruh anak aktif, serta perkembangan kemampuan kognitif secara individual dan klasikalmencapai ≥81% mendapat «««.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai 94% dengan kategori sangat baik. Aktivitas anak mencapai 94% (hampir seluruh anak aktif). Untuk hasil kemampuan kognitif dalam mengklasifikasikan benda berdasarkan bentuk, warna dan ukuran berhasil berkembang dengan persentase 88% anak memperoleh 򮮮.

Dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif dalam mengklasifikasikan benda berdasarkan bentuk, warna dan ukuran menggunakan metode demonstrasi dan pemberian tugas dengan media benda asli  pada anak kelompok A TK An Nur Pelaiharidikatakan berhasil/berkembang. Saran yang diberikan bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi dan pemberian tugas dengan media benda asli  tugas salah satu alternatif strategi pembelajaran pada kemampuan kognitif.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI