DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
PENGARANG:SHEILA PUTERI DILIYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-25


Sheila Puteri Diliyanti (2019), Pengaruh Struktur Modal dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Dividen sebagai Variabel Intervening. Tesis. Program Magister Manajemen, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pembimbing: Meina Wulansari Yusniar.

 

 

Salah satu faktor pendukung bagi pertumbuhan ekonomi suatu negara adalah peran sektor manufaktur negara tersebut. Sektor manufaktur berkembang cukup pesat dan hal tersebut tidak lepas dari faktor-faktor yang berpengaruh pada nilai perusahaannya, termasuk struktur modal, profitabilitas dan kebijakan dividen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh struktur modal dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan kebijakan dividen sebagai variabel intervening pada perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI).

Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis path untuk menganalisis beberapa variabel penelitian dengan pengaruh secara langsung maupun tidak langsung. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013 – 2017 yang memiliki variabel yang diperlukan dalam penelitian dengan sampel sebanyak 20 perusahaan yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Hipotesis penelitian diuji dengan teknik analisis Partial Least Square (PLS) yang diolah dengan program SmartPLS 3.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dan pengaruh profitabilitas terhadap kebijakan dividen. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan, struktur modal terhadap kebijakan dividen, kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan, struktur modal terhadap nilai perusahaan melalui kebijakan dividen sebagai variabel intervening, serta tidak terdapat pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan kebijakan dividen sebagai variabel intervening.

 

 

Kata Kunci: Struktur Modal, Profitabilitas, Kebijakan Dividen, Nilai Perusahaan.


 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI