DIGITAL LIBRARY



JUDUL:NILAI DALAM TRADISI BAAYUN MAULID DI MASJID SULTAN SURIANSYAH SEBAGA SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:DINA MAULIDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-25


ABSTRAK

Dina Maulidah. 2019. Nilai Dalam Tradisi Baayun Maulid di Masjid Sultan Suriyansyah sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidkan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing 1 Dr.Syaharuddin, MA dan Pembimbing 2 Mutiani, M. Pd.

Masyarakat Banjar melaksanakan peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW dengan mengayun anak atau orang dewasa yang disebut baayun maulid. Tradisi baayun maulid yang mana sebagai satu diantara tradisi lokal di kalangan masyarakat Banjar. Tujuan penelitian: 1) Mendeskripsikan tradisi baayun maulid di Masjid Sultan Suriyansyah, 2) Mendeskripsikan nilai dari tradisi baayun maulid, 3) Mendeskripsikan integrasi nilai tradisi baayun maulid sebagai sumber belajar IPS.

Pendekatan kualitatif digunakan pada penelitian ini. Tahapan dilakukan dengan  tiga langkah yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil sumber data diambil dari infroman yang terlibat langsung pada saat  Sumber data yang digunakan adalah para informan yang terlibat langsung pada saat pelaksanaan yaitu para tokoh  masyarakat, dokumentasi berupa gambar dan rekaman. Analisis data digunakan dengan Miles Hubermen yaitu reduksi, penyajian data verifikasi.

Hasil penelitian:1) Tradisi baayun maulid  tidak hanya dikenal di wilayah Kota Banjarmasin, tradisi baayun maulid awalnya dilaksanakan di Desa Banua Halat Rantau akan tetapi seiring berjalannya waktu, maka acara ini kemudian mengalami proses akulturasi dan islamisasi oleh para juru dakwah yang menyampaikan islam ke daerah  itu, tradisi baayun maulid di laksanakan di Banjarmasin hingga saat ini. 2) Nilai yang terkandung dalam tradisi tradisi baayun maulid ada tiga beriman, bertaqwa dan gotong royong.  3) Integrasi nilai dalam tradisi baayun maulid dimulai dengan memberikan analisis terhadap relevansi sub materi pembelajaran dengan temuan penelitian maka berdasarkan hasil materi di buku teks nilai religius dan gotong royong bisa dimasukkan pada mata pelajaran IPS materi tentang keragamaan budaya dan etnik sub bahasan upacara adat.

 

Kata kunci : Tradisi baayun maulid, nilai, dan sumber belajar IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI