DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI PELAKSANAAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BERBASIS AKRUAL (Studi Pada Rumah Sakit Umum Daerah Ulin Provinsi Kalimantan Selatan)
PENGARANG:Muhammad Tri Atmaja
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-25


ABSTRAK

 

Muhammad Tri Atmaja, 2018. Evaluasi Pelaksanaan Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Akrual (Studi Pada Rumah Sakit Umum Daerah Ulin Provinsi Kalimantan Selatan). Tesis, Program Studi Magister Administrasi Pembangunan Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing I, Dr. I. G. Nyoman Yudiana, M.Si, Pembimbing II, Dr. Muhammad Anshar Nur, MM.

 

            Laporan keuangan merupakan kewajiban dari pemerintah sebagai bentuk pertanggungjawaban terhadap penggunaan dana APBD, Akuntabilitas financial merupakan bentuk pertanggungjawaban dariRumah Sakit Umum Daerah Ulin Provinsi Kalimantan Selatandalam menggunakan dana publik (public money) secara ekonomis, efisien, dan efektif, tidak ada pemborosan dan kebocoran dana, serta korupsi. Akuntabilitas finansial ini sangat penting karena  menjadi sorotan utama masyarakat. Akuntabilitas ini mengharuskan untuk membuat laporan keuangan untuk menggambarkan kinerja finansial organisasi kepada pihak luar. Laporan keuangan harus disajikan dalam model sistem akuntansi berbasis akrual sebagai pemenuhan dari tuntutan peraturan perundang-undangan yang berlaku sekarang.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penyusunan laporan keuangan  berbasis akrual pada Rumah Sakit Umum Daerah Ulin Provinsi Kalimantan Selatan. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif dengan unit analisisnya adalah proses penyusunan laporan keuangan yang didapatkan dari informan kunci yaitu kepala bagian akuntansi, kasubbag akuntansi, dan pelaksana pembuat laporan keuangan. Lokasi penelitian adalah Rumah Sakit Umum Daerah Ulin Provinsi Kalimantan Selatan.

  Hasil penelitian menunjukan bahwa penyusunan laporan keuangan berbasis akrual di Rumah Sakit Umum Daerah Ulin Provinsi Kalimantan Selatan sudah dapat menyajikan 7 (tujuh) laporan keuangan dengan baik dengan dibantu dua sistem aplikasi yaitu Sistem Informasi Akuntansi (SIA) dan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD) hal ini dibuktikan juga dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Terdapat sedikit kendala terkait sistem yang masih terus diupdate untuk penyempurnaan sajian laporan keuangan agar tidak perlu lagi melakukan penambahan sajian secara manual. Serta masih terdapat salah input transaksi, walaupun setelah laporan hasil pemeriksaan badan pemeriksa keuangan dapat langsung dilakukan perbaikan.

 

 

Kata kunci: akuntabilitas, laporan keuangan, model sistem akuntansi basis akrual.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI