DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PERBANDINGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI PESERTA DIDIK PADA KELAS REGULER, KELAS OLAHRAGA, DAN KELAS UNGGULAN DI SMP NEGERI 2 BANJARBARU
PENGARANG:MASRULLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-25


ABSTRAK

 

MASRULLAH, NIM A1D115013, 2019, Analisis Perbandingan Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta Didik Pada Kelas Reguler, Kelas Olahraga Dan Kelas Unggulan Di SMP Negeri 2 Banjarbaru. Skripsi Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing : (I) Drs. Abd. Hamid M.Pd (II) Mita Erliana S.Pd, M.Or.

Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui “Analisis Perbandingan Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta Didik Pada Kelas Reguler, Kelas Olahraga, Dan Kelas Unggulan Di SMP Negeri 2 Banjarbaru”.

Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian ex post factodengan teknik pengambilan data tes dan pengukuran, observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Populasi dalam penelitian ini diambil dari peserta didik laki-laki dan perempuanyang berusia 13-15 tahun pada  kelas VIII  di tiga kategori kelas yaitu kelas reguler, kelas Olahraga, dan kelas unggulan yang ada di SMP Negeri 2 Banjarbaru, Proses pengambilan sampel dilakukan dengan beberapa teknik. Yang pertama dilakukan teknik pengambilan sampel purposive samplingialah mempertimbangkan usia peserta didik yaitu usia 13-15 tahun. Kemudian digunakan rumus untuk menentukan ukuran sampel keseluruhan menurut Isaac dan Michael (1983:192), sehingga diperoleh ukuran sampel keseluruhan untuk tiga kategori kelas yaitu sebanyak 155 orang peserta didik. Setelah ukuran sampel keseluruhan didapat, kemudian dilanjutkan menentukan ukuran sampel masing-masing kategori kelas dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara acak proporsional menurut Sudjana (2002:173), sehingga diperoleh ukuran sampel untuk masing-masing kategori kelas yaitu 103 orang peserta didik untuk kelas reguler, 17 orang peserta didik untuk kelas olahraga, dan 35 orang peserta didik untuk kelas unggulan. Karena ukuran sampel dari kategori kelas reguler masih terlalu besar, sesuai dengan pendapat yang dikemukakan oleh Suharsimi Arikunto (2006:134) bahwa “untuk sekedar ancer-ancer, apabila subjeknya kurang dari 100 lebih baik ambil semua sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. Tetapi jika jumlah jumlah subjekya besar dapat diambil 10-15 % atau 20-25% atau lebih” maka pada sampel kelas reguler diambil 20% dari jumlah ukuran sampel sehingga ukuran sampel untuk kelas reguler menjai sebanyak 21 orang peserta didik.

Hasil penelitian (1). Tingkat kebugaran jasmani peserta didik kelas olahraga lebih baik dari pada peserta didik kelas Reguler. Hal ini dapat di lihat dari hasil persentase masing-masing klasifikasi yaitu dari kategori Baik Sekali (BS), Baik (B), Sedang(S), Kurang (K), dan Kurang Sekali (KS), semuanya menunjukkan bahwa peserta didik kelas olahraga mempunyai kebugaran jasmani yang lebih baik di bandingkan peserta didik kelas reguler. (2). Tingkat kebugaran jasmani peserta didik kelas olahraga lebih baik dari pada peserta didik kelas unggulan. Hal ini dapat di lihat dari hasil persentase masing-masing klasifikasi yaitu dari kategori Baik Sekali (BS), Baik (B), Sedang(S), Kurang (K), dan Kurang Sekali (KS), semuanya menunjukkan bahwa peserta didik kelas olahraga mempunyai kebugaran jasmani yang lebih baik di bandingkan peserta didik kelas unggulan. (3). Tingkat kebugaran jasmani peserta didik kelas unggulan lebih baik dari pada peserta didik kelas reguler. Hal ini dapat di lihat dari hasil persentase masing-masing klasifikasi yaitu dari kategori Baik Sekali (BS), Baik (B), Sedang(S), Kurang (K), dan Kurang Sekali (KS). Dimana pada persentase tingkat kebugaran jasmani kategori Sedang (S) terlihat bahwa peserta didik kelas unggulan lebih banyak dan itu menunjukkan bahwa pesentase tingkat kebugaran jasmani peserta didik kelas unggulan lebih baik dibandingkan peserta didik kelas reguler.

 

Kata Kunci: Perbandingan Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta Didik Pada Kelas Reguler, Kelas Olahraga, dan Kelas Unggulan.

 

 

 

 

 


 

ABSTRACT

 

MASRULLAH, NIM A1D115013, 2019, Comparative Analysis of Physical Fitness Levels for Students in Regular Classes, Sports Classes and Featured Classes in Banjarbaru Public High School 2. Thesis Department of Sports and Health Education. Faculty of Teacher Training and Education. Lambung Mangkurat University. Advisor: (I) Drs. Abd. Hamid M.Pd (II) Mita Erliana S.Pd, M.Or.
            The purpose of this study was to find out " Comparative Analysis of Physical Fitness Levels for Students in Regular Classes, Sports Classes and Featured Classes in Banjarbaru Public High School 2".
            This research method uses ex post facto research method with the technique of taking test and measurement data, observation, interviews, and documentation.

The population in this study was taken from male and female students aged 13-15 years in class VIII in three class categories namely regular class, sports class, and excellent class in Banjarbaru Public Middle 2, the sampling process was carried out with several technique. The first was done by purposive sampling technique is to consider the age of students, namely ages 13-15 years. Then the formula is used to determine the overall sample size according to Isaac and Michael (1983: 192), so that the overall sample size is obtained for the three class categories as many as 155 students. After the overall sample size is obtained, then proceed to determine the sample size of each class category using proportional random sampling techniques according to Sudjana (2002: 173), so that the sample size for each class category is obtained, namely 103 students for the regular class , 17 students for sports classes, and 35 students for superior classes. Because the sample size of the regular class category is still too large, according to the opinion expressed by Suharsimi Arikunto (2006: 134) that "to be just ancerver, if the subject is less than 100 it is better to take it all so that the research is population research. But if the total number of subjects can be taken 10-15% or 20-25% or more "then in the regular class sample taken 20% of the total sample size so that the sample size for the regular class is as many as 21 students.

Research results (1). The level of physical fitness of the sports class students is better than the Regular class students. This can be seen from the results of the percentage of each classification, namely from the category of Excellent (BS), Good (B), Medium (S), Less (K), and Very Less (KS), all of which indicate that sports class students have better physical fitness compared to regular class students. (2). The level of physical fitness of sports class students is better than superior class students. This can be seen from the results of the percentage of each classification, namely from the Excellent (BS), Good (B), Medium (S), Less (K), and Very Less (KS) categories, all of which indicate that sports class students have better physical fitness compared to superior class students. (3). The level of physical fitness of superior class students is better than regular class students. This can be seen from the results of the percentage of each classification, namely from the category of Excellent (BS), Good (B), Medium (S), Less (K), and Very Less (KS). Where the percentage of the physical fitness level of the Medium (S) category shows that the superior class of students is more and it shows that the percentage of physical fitness level of superior class students is better than regular class students.

Keywords: Comparison of Physical Fitness Levels of Students in Regular Classes, Sports Classes, and Featured Classes.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI