DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implementasi Manajemen Pembelajaran Berbasis Entrepreneurship (Studi Multi Situs di TK Mata Najwa Banjarbaru dan TK Khalifah Banjarmasin)
PENGARANG:RAHMI FIRDAUSI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-25


Pembelajaran berbasis entrepreneurship pada akhirnya akan menghasilkan jiwa yang memiliki nilaientrepreneur. Nilai ini juga yang ditanamkan pada anak didik pada lembaga pendidikan, dan sebelumnya guru harus memiliki sikap dan sifat entrepreneurship. Entrepreneurship adalah suatu disiplin ilmu dengan proses sistematis dan diterapkan dalam bentuk kreativitas dan inovasi.

Fokus pada penelitian adalah (1) manajemen pembelajaran dan (2) faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan secara mendalam dan menganalisis perencanaan, pelaksanaan, evaluasi serta faktor kendala dan solusi juga faktor pendukung pembelajaran berbasis entrepreneurship.

Penelitian ini menggunakan pendekatankualitatif dengan rancangan studi multisitus. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan orang tua. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode.Analisis data dalam situs dilakukan dengan reduksi data, display data dan verifikasi. Proses analisis lintas situs yaitu: 1) perumusan proposisi temuan, 2) membandingkan dan memadukan, 3) merumuskan simpulan teoritik.

Temuan penelitian di TK Mata Najwa dan TK Khalifah: (1) perencanaan pembelajaran disusun pada awal tahun pelajaran melalui rangkaian kegiatan rapat koordinasi semua komponen sekolah, kondisi lingkungan sekolah dan kondisi anak dengan kurikulum yang terintegrasi dengan nilai entrepreneurship (2) Pelaksanaan manajemen pembelajaran melalui pembiasaan, pijakan, penciptaan lingkungan belajar pada sentra dan kegiatan puncak tema serta kegiatan penunjang (3) Evaluasi terdiri dari penilaian harian dan raport semester; (4) Kendala terdiri dana kegiatan dan sarana prasarana dengan solusi yang bersinergi dengan faktor pendukung yaitu kegiatan pengembangan dan penunjang.

Disarankan agar kepala sekolah dapat mengoptimalkan pembelajaran dengan upaya komunikasi dengan stakeholders pendidikan dan upaya pengembangan dan pelatihan bagi guru.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI