DIGITAL LIBRARY



JUDUL: MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS TEMA KAYANYA NEGERIKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL NUMBER HEADS TOGETHER(NHT), TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN WORD SQUARE PADA SISWA KELAS IV SDN KELAYAN BARAT 1 BANJARMASIN
PENGARANG:H ERIYADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-25


ABSTRAK

Heriyadi, 2019. Meningkatkan Hasil BelajarMuatan IPS Tema Kayanya Negeriku Menggunakan KombinasimodelNumber Heads Together(NHT), Two Stay Two Stray(TSTS) dan Word Square Pada Siswa Kelas IV SDN Kelayan Barat 1 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Dr. H. Ahmad Muhyani Rizalie, M.Si.

KataKunci: Hasil belajar, Number Heads Together(NHT), Two Stay Two  Stray(TSTS) dan Word Square.  

            Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada muatan IPS kelas IV SDN Kelayan Barat 1 Banjarmasin.Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh pembelajaran yang cenderungmembosankan dan kurang menarik minat para siswayang akhirnya berdampak pada hasil belajar yang telah di capai siswa di bawah kriteria ketuntasan minimal yang di tetapkan oleh sekolah. Oleh sebab itu, perlu adanya upaya dalam  meningkatkan hasil belajar siswa yaitu melalui kombinasi model pembelajaran Number Heads Together(NHT), Two Stay Two Stray (TSTS) dan Word square. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Pendekatan ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan empat kali siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kelayan Barat 1 Banjarmasin dengan jumlah siswa 22 orang. Data yang diambil merupakan data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui tes tertulis secara berkelompok dan individu. Data kuantitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah (1) Aktivitas guru mencapai skor minimal 81 atau berkategori “Sangat Baik” (2) aktivitas siswa 81% ”Sangat Aktif, dan (3) hasil belajar dikatakan berhasil jika secara individual siswa mencapai kriteria ketuntasasan minimal 70.

Hasil pertemuan ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I mencapai kriteria “Baik”, Siklus II mencapai kriteria “Baik”, siklus III mencapai kriteria “Baik”, dan siklus IV mencapai kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada siklus I mencapai kategori sebagianaktif, siklus II mencapai kategori sebagian aktif, siklus III mencapai kategori sebagian besar aktif dan pada siklus IV mencapai kategori hampir seluruhnya aktif. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 64%, siklus II mencapai 73%, siklus III mencapai 86% dan pada siklus IV mencapai 91%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model pembelajaranNumber Heads Together(NHT), Two Stay Two Stray (TSTS) dan Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI