DIGITAL LIBRARY



JUDUL:BENTUK PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN ( Studi pada Desa Pamintangan Kecamatan Amuntai Utara Kabupaten Hulu Sungai Utara )
PENGARANG:Yatendra Rusady
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-25


ABSTRAK

Yatendra Rusady D1B114052 Bentuk Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan (Studi pada Desa Pamintangan Kecamatan Amuntai Utara Kabupaten Hulu Sungai Utara). Di bawah bimbingan bapak Mahyuni selaku dosen pembimbing I dan bapak Suriansyah Umar selaku dosen pembimbing II.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui partisipasi masyarakat dalam pembangunan di Desa Pamintangan kecamatan Amuntai Utara kabupaten Hulu Sungai Utara dan untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dan pendukung tingkat partisipasi masyarakat dalam pembangunan di Desa Pamintangan kecamatan Amuntai Utara kabupaten Hulu Sungai Utara.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan mengenai bagaimana bentuk partisipasi masyarakat dalam pembangunan di Desa Pamantingan kecamatan Amuntai Utara kabupaten Hulu Sungai Utara yang meliputi dari enam aspek partisipasi yaitu pikiran, tenaga, pikiran dan tenaga, keahlian, barang, dan uang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan pedoman wawancara. Data yang diperoleh dengan cara wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk partisipasi masyarakat dalam pembangunan (studi pada desa Pamintangan kecamatan Amuntai Utara kabupaten Hulu Sungai Utara) dapat disimpulakan sudah berjalan cukup baik dan cukup aktif. Hal ini dapat dilihat dari masyarakat desa Pamintangan yang telah ikut berpartisipasi dalam proses pendefinisian masalah yaitu dengan turut aktif dalam mengamati dan menentukan hal apa yang diperlukan oleh masyarakat yang tidak tersedia di desa mereka. Selain itu masyarakat turut serta aktif dalam pengajuan dan pengambilan keputusan. Masyarakat desa turut berperan dalam membantu proses pelaksanaan namun bukan sebagai pelaksana utama karena pelaksana utama akan dilakukan oleh tenaga ahli pembangunan yang dipimpin oleh kepala proyek. Anggaran untuk pembangunan di desa Pamintangan dikeluarkan oleh pemerintah setempat namun masyarakat desa Pamintangan tetap berpartisipasi dengan mengadakan sumbangan sukarela yang nantinya akan dipergunakan untuk membantu para pekerja dalam hal menyediakan makanan dan minuman. Selain itu sumbangan yang dikumpulkan juga nantinya akan dipergunakan untuk biaya pemeliharaan fasilitas yang telah dibangun.

Adapun saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini ialah melihat tingkat partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa di desa Pamintangan yang kategorinya tinggi, maka diharapakan pemerintah harus mampu menjalankan kepemimpinan sesuai karakter masyarakatnya, dengan demikian akan terjalin adanya komunikasi dan kerjasama dalam pelaksanaan pembangunan desa.

Kata Kunci : Partisipasi Masyarakat, Pembangunan, Desa Pamintangan, HSU

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI