DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 9 KAYANYA NEGERI KU DENGAN MUATAN IPS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN ASSURE, NETWORK TREE, DAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) PADA SISWA KELAS IV SDN TERANTANG 1 BARITO KUALA
PENGARANG:AHMAD ROZALI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-25


ABSTRAK

Rozali, Ahmad. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 9 Kayanya Negeri Ku. Dengan Muatan Ips Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Assure, Network Tree, dan Value Clarification Technique (VCT) Di Kelas IV SDN Terantang 1 Barito Kuala. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing : Mohammad Dani Wahyudi, S.Pd.I, M.Pd

Kata Kunci : Hasil Belajar, Assure, Network Tree, Value Clarification Technique (VCT)

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada muatan IPS Tema 9 Kayanya Negeri Ku Kelas IV SDN Terantang 1 Barito Kuala. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh pembelajaran yang cenderung  membosankan dan kurang menarik minat para siswa sehingga pada akhirnya berpengaruh pada hasil belajar siswa. Sehingga pada penelitian ini salah satu upaya meningkatkan hasil belajar siswa yaitu melalui kombinasi model pembelajaran Assure, Network Tree dan Value Clarification Technique (VCT). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan tiga kali Siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Terantang 1 Barito Kuala dengan jumlah siswa 8 orang. Data yang diambil merupakan data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui tes tertulis secara berkelompok dan individu. Data kuantitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang dijabarkan dengan tabulasi dan grafik. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah (1) Aktivitas guru dikatakan berhasil dengan kriteria sangat baik; (2) aktivitas siswa 80% aktif dan sangat aktif, dan (3) hasil belajar dikatakan berhasil jika secara individual siswa mencapai ≥70.

Hasil Siklus ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I mencapai kriteria “Baik”, Siklus II mencapai kriteria “Baik”, Siklus III mencapai kriteria “sangat baik”. Aktivitas siswa pada Siklus I mencapai kriteria sebagian kecil aktif, Siklus II mencapai kriteria sebagian besar aktif, Siklus III mencapai kriteria hampir seluruhnya aktif. Ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus I mencapai 37.50%, Siklus II mencapai 62.50%, Siklus III mencapai 87.50%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model pembelajaran Assure, Network Tree, dan Value Clarification Technique (VCT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan IPS Tema 9 Kayanya Negeri Ku di SDN Terantang 1 Barito Kuala. Disarankan dengan penggunaan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternative dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa, khususnya pada muatan IPS Tema 9 Kayanya Negeri Ku.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI