DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM MENEMUKAN KALIMAT UTAMA SUATU PARAGRAF MELALUI KOMBINASI MODEL COOPERATIF INTEGRED,READING AND COMPOSITION, SCRAMBLE DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA IV SDN SUNGAI PANTAI 2 BARITO KUALA
PENGARANG:SYARIF HIDAYAT
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-25


ABSTRAK

Hidayat, Syarif. 2019 “Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif dalam Menemukan Kalimat Utama Suatu Paragraf melalui Kombinasi Model Cooperative Integrated, Reading, and Composition (CIRC), model Scramble dan model Teams Games Tournament (TGT) pada Siswa Kelas IV SDN Sungai Pantai 2”. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof Drs.H. Rustam Effendi, M.Pd, Ph.D.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Kombinasi Model Cooperative Integrated, Reading, and Composition (CIRC), model Scramble dan model Teams Games Tournament (TGT) SDN Sungai Pantai 2 Barito Kuala

Permasalahan dalam penelitian ini rendahnya hasil belajar siswa. Karena masih rendahnya hasil belajar siswa dalam menumukan kalimat utama suatu pragraf. hanya mengandalkan informasi yang tersedia di buku dan menunggu arahan dari guru dalam memecahkan masalah sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Sungai Pantai 2 muatan Bahasa Indonesia. Salah satu upaya meningkatkan Hasil Belajar siswa yaitu melalui kombinasi Model Cooperative Integrated, Reading, and Composition (CIRC), model Scramble dan model Teams Games Tournament (TGT) Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Jenis penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Sungai Pantai 2 Barito Kuala tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa sebanyak  18 siswa terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data yang digunakan berupa hasil observasi aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran berlangsung serta hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis diakhir pembelajaran.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 mencapai kriteria baik, pertemuan 2 mencapai kriteria baik, pertemuan 3 mencapai kriteria sangat baik, dan pertemuan 4 mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan 2 mencapai kriteria aktif, pertemuan 3 mencapai kritria aktif, dan pertemuan 4 mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai 33%, pertemuan 2 mencapai 56%, pertemuan 3 mencapai 72%, dan pertemuan 4 mencapai 89%.

Aktivitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran pada materi menemukan kalimat utama suatu paragraf menggunakan model Cooperative Integrated, Reading, and Composition (CIRC), Scramble dan Teams Games Tournament (TGT) dapat terlaksana dengan baik pada setiap pertemuannya sehingga memperoleh kategori sangat baik dan telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan peneliti.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI