DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Perancangan Jembatan Struktur Gelagar Komposit Sungai Seluang-1 PT Lifere Agro Kapuas Kabupaten Kapuas
PENGARANG:A. Rizki Fauzi
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-25


PERANCANGAN JEMBATAN STRUKTUR GELAGAR KOMPOSIT SUNGAI SELUANG-1 PT LIFERE AGRO KAPUAS
KABUPATEN KAPUAS

 

A. Rizki Fauzi, Ir. Markawie, M.T.

Program Studi S-1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Lambung Mangkurat

Jalan Jenderal A. Yani Km. 36 Banjarbaru

Telp. (0511) 47738568-4781730 Fax. (0511) 4781730

email: ahmadrizkifauzi22@gmail.com

 

ABSTRAK

 

          Jembatan pada sungai Seluang-1 terletak di sekitar lahan perkebunan sawit milik PT Lifere Agro Kapuas, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Pada sungai Seluang-1 ini direncakan untuk dibangun jembatan agar memudahkan mobilisasi dari angkutan hasil panen perkebunan sawit dan hal lainnya serta transportasi pada kawasan PT Lifere Agro Kapuas, karena sebelum adanya jembatan lalu lintas transportasi terputus oleh sungai sehingga harus memutari jalan yang cukup jauh. Jembatan yang dirancang berupa jembatan dengan tipe struktur girder komposit.

Metodologi dalam perancanganpembebanan menggunakanacuanSNI 1725-2016 tentang Standar Pembebanan untuk Jembatan dan SNI 2833-2016 tentang Standar Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Jembatan. Untuk metodologi dalam perancangan struktur beton mengacu padaSNI 2847-2013 tentang Persyaratan Beton Struktural Untuk Bangunan Gedung dan metodologi dalam perancangan struktur baja mengacu pada SNI 1729-2015 tentang Spesifikasi untuk Bangunan Gedung Baja Struktural. Material yang digunakan untuk abutment menggunakan material beton bertulang. Metodologi dalam perhitungan daya dukung pondasi menggunakan metode oleh Mayerhofdan juga metode oleh Kazuto Nakazawa, sedangkan metodologi dalam perhitungan daya dukung daya dukung lateral menggunakan metode Broms, dengan efisiensi tiang menggunakan grafik olehO’Neill.

Dari hasil pengukuran topografidiambil desain jembatan dengan bentang 30 m dengan lebar total jembatan 7 m. Pada pelat lantai didapatkan desain pelat lantai dengan tebal 25 cm serta menggunakan beton mutu fc’ 30 MPa (K-350). Pada balok girder baja digunakan Profil WF 1350.800.100.130dan balok diafragma digunakan Profil WF 250.125.6.9 dengan mutu baja BJ55 (fy 410 MPa). Sedangkan pada struktur bawah didapatkan desain abutmen dengan tinggi 350 cm, lebar 320 cm dan panjang 850 cm, digunakan beton dengan mutu fc’ 30 MPa (K-350). Padapondasi digunakan tiang pancang tipe Spun Piledengan diameter 60 cm dengan kedalaman pemancangan30 msebanyak 8 buah tiang pada satu abutment. Didapat Qizin =  116,37 ton > Qkerja = 114,69 ton sehingga pondasi dinyatakan aman. Rencana anggaran biaya untuk pembangunan jembatan pada sungai Seluang-1 adalah sebesar Rp 8.990.566.000,00.-

 

Kata kunci : Jembatan, komposit,girder baja, Abutment, Spun Pile

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI