DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENGOMENTARI PERSOALAN FAKTUAL MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL COMPLETE SENTENCE, COOVERATIVE INTEGRATED, READING AND COMPOSITION DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS V SDN BELITUNG SELATAN 4 BANJARMASIN
PENGARANG:NICKEN DWINDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-25


ABSTRAK

Dwinda, Nicken. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Mengomentari Persoalan Faktual Menggunakan Kombinasi Model Complete Sentence, Cooperative Integrated, Reading and Composition (CIRC) dan Talking Stick pada Siswa Kelas V SDN Belitung Selatan 4 Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. PembimbingProf. Drs. H. Rustam Effendi, M.Pd, Ph.D

 

Kata kunci : Hasil Belajar, Faktual, Complete Sentence, Cooperative Integrated, Reading and Composition (CIRC), Talking Stick.

          Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia materi mengomentari persoalan faktual. Hal ini disebabkan Metode pembelajaran yang dilaksanakan cenderung bersifat satu arah, kurangnya kerjasama yang terjalin saat pembelajaran berlangsung dan cenderung monoton. Pembelajaran diperbaiki dengan menggunakan model Complete Sentence, Cooperative Integrated, Reading and Composition (CIRC) dan Talking Stick, dengan tujuan mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa indonesia.

          Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan dua siklus yang masing-masing terdiri dari 2 siklus. Setting penelitian adalah siswa kelas V SDN Belitung Selatan 4 Banjarmasin semester 2 tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 30 orang siswa. Data Kualitatif diperoleh melalui instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru dengan indikator keberhasilan ≥32 (sangat baik) dan aktivitas siswa dengan indikator keberhasilan ≥82% (sangat aktif). Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dari hasil tes akhir dengan menggunakan soal tertulis secara individu dan klasikal. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik yang selanjutnya diinterprestasi berdasarkan persentase. Indikator ketuntasan dalam penelitian ini adalah sangat baik (aktivitas guru), sangat aktif (aktivitas siswa) dan hasil belajar individu mencapai nilai ≥70 dan secara klasikal ≥80% dari siswa mencapai ketuntasan individual. Hasil penelitian membuktikan bahwa menggunakan kombinasi model Complete Sentence, CIRC, dan Talking Stick pada materi mengomentari persoalan faktual pada aktivitas guru dinyatakan berhasil dengan kategori sangat baik. Pada aktivitas siswa dinyatakan berhasil dengan kategori sangat aktif. Dan pada ketuntasan hasil belajar secara individual dinyatakan berhasil, dan secara klasikal juga dinyatakan berhasil.

          Dengan demikian aktivitas guru mencapai kriteria sangat baik, aktivitas siswa dengan sangat aktif dan hasil belajar sudah memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan. Diharapkan guru untuk menjadikan hasil penelitian ini sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran untuk membantu siswa mencapai hasil belajar yang lebih baik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI