DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPA Tema Kayanya Negeriku Menggunakan Model Demonstrasi, Group Investigation (GI), dan Word Square Kelas IV SDN Tambak Danau Kecamatan Astambul
PENGARANG:YENI HERAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-25


Herawati, Yeni. 2019. “Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPA Tema Kayanya Negeriku Menggunakan Model Demonstrasi, Group Investigation (GI), dan Word Square Kelas IV SDN Tambak Danau Kecamatan Astambul”. Skripsi Program S-1PGSD FKIP ULM Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Ririanti Rachmayanie J, S.Psi., M.Pd.

 

Kata Kunci  :Hasil Belajar, Muatan IPA Tema Kayanya Negeriku Menggunakan Model Demonstrasi, Group Investigation (GI), dan Word Square.

 

Masalah dalam  penelitian  ini adalah Siswa belum mampu berpikir secara  abstrak,  kurang memperhatikan atau terpusat dalam pembelajaran, siswa kurang berpikir kritis dalam pembelajaran, siswa merasa bosan karena materi dianggap sulit yang menjadikan siswa malas aktif dalam pembelajaran, dan  rendahnya hasil belajar. Untuk meningkatkan hasil  belajar siswa kelas IV SDN Tambak Danau pada mata pelajaran IPA dilaksanakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan  model Demonstrasi, Group Investigation (GI), dan Word Square. Tujuan penelitian ini untuk mengoptimalkan aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar.

Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yng digunakan adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Setting penelitian adalah siswa kelas IV SDN Tambak Danau yang berjumlah 18 siswa terdiri dari 11 orang laki-laki dan 7 orang perempuan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Pengambilan data kualitatif diperoleh dari aktivitas guru dan aktivitas siswa dilakukan dengan teknik observasi dan data kuantitaif diperoleh dari hasil belajar siswa dengan tes akhir disetiap akhir pertemuan. Indikator keberhasilan siswa tuntas dengan mencapai nilai minimal 70 dan secara keseluruhan sekurang-kurangnya 80%. 

Hasil penelitian menunjukkan  peningkatkan aktivitas  guru dari pertemuan 1 dengan  kategori cukup baik menjadi sangat baik pada pertemuan  4. Aktivitas siswa pertemuan 1 berdasarkan klasikal dengan kategori cukup aktif menjadi sangat aktif pada pertemuan 4. Adapun pada hasil belajar siswa pada pertemuan 1 terdapat 9 siswa yang tuntas meningkat menjadi 18 siswa yang tuntas pada pertemuan 4. 

Berdasarkan  penelitian dapat disimpulkan bahwa pengggunaan model Demonstrasi, Group Investigation (GI), dan Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa Muatan IPA Tema Kayanya Negeriku dapat melaksanakan aktivitas guru dengan sangat baik, meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Sehingga disarankan kepada guru, kepala sekolah, dan peneliti selanjutnya agar digunakan sebagai  referensi alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI