DIGITAL LIBRARY



JUDUL: PENINGKATAN KEMAMPUAN BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN PADUAN SUARA MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI MALUTU KABUPTEN HULU SUNGAI SELATAN
PENGARANG:RAKHMAD WARDANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-25


PENINGKATAN KEMAMPUAN BERNYANYI    DALAM PEMBELAJARAN PADUAN SUARA MENGGUNAKAN  METODE DRILL PADA SISWA KELAS VI SDN MALUTU 

 Oleh Rakhmad Wardani NIM A1B313429 

 

ABSTRAK 

 

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tingkat kemampuan bernyanyi para siswa dalam pembelajaran  paduan suara di SD Negeri Malutu dengan menggunakan pembelajaran metode drill. Permasalahan dalam peneltian ini adalah tingkat penguasaan teknik bernyanyi siswa yang masih rendah dalam kelompok paduan suara di SD Negeri Malutu, sehingga perlu upaya untuk meningkatkannya. 

 

 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis & Mc.Taggart yang dilakukan dalam 2 siklus, dan masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, 4) refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah para siswa paduan suara di  kelas VI SD Negeri Malutu yang berjumlah 11 siswa, yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah teknik tes yaitu pre-test dan post-test. Dalam penelitian ini, validitas yang digunakan adalah validitas demokratik, validitas hasil, validitas proses, dan validitas katalitik. 

 

 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode drill dapat meningkatan kemampuan bernyanyi dalam proses pembelajaran  paduan suara di SD Negeri Malutu. Dari tes pra-siklus, nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 50. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah sebesar 65,90. Hasil nilai dari pra-siklus ke siklus I terjadi peningkatan sebesar 31,8 %. Pada akhir siklus II, nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah sebesar 74,27. Nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 12,70 %. Berdasarkan hasil tes tersebut, pembelajaran paduan suara di SD Negeri Malutu menggunakan metode drill dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam bernyanyi. 

 

 Kata kunci : Kemampuan, Paduan Suara, Metode Praktik 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI