DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI JENIS-JENIS USAHA PEREKONOMIAN DI MASYARAKAT MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI), THINK PAIR AND SHARE (TPS) DAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS V SDN GUNUNG ULIN KECAMATAN MATARAMAN KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:SUWARTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-25


Penelitian ini dilatarbelakangi masalah rendahnya hasil belajar IPS pada materi Jenis-jenis Usaha Perekonomian di maysarakat di SDN Gunung Ulin. Masalah dalam penelitian ini adalah siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, siswa kesulitan memahami pembelajaran, kurangnya kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama pada siswa dan kurangnya minat siswa terhadapan pembelajaran. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation, Think Pair and Share, dan Make a Match.

Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 siklus dengan setting penelitian yaitu siswa kelas III SDN Gunung Ulin. Dengan jumlah siswa 18 orang, 8 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan.Penelitian dilakukan pada mata pelajaaran IPS materi Jenis-jenis Usaha Perekonomian di Masyarakat. Jenis data yang digunakan kaitu data kualitatif berupa observasi aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran serta data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis. Analisa data dihitung berdasarkan skala presentasidan indikator ketuntasan belajar klasikal yang telah ditentukan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Group Investigation (GI), Think Pair and Share (TPS) dan Make A Match dapat diketahui aktivitas guru siklus 1 mendapat skor 71,42 dengan kriteria baik siklus 2 mendapat skor 78,57 dengan kriteria baik siklus 3 guru mendapat skor 85,71 dengan kriteria sangat baik dan siklus 4 guru mendapat skor 92,85 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa siklus 1 mendapat skor 65,74 dengan kriteria aktif, siklus 2 mendapat skor 75,00 dengan kriteria aktif, siklus 3 mendapat skor 77,85 dengan kriteria aktif dan siklus 4 mendapat skor 84,86 dengan sangat aktif. Hasil belajar siswa siklus 1 mencapai 55,55% dengan kriteria sebagian tuntas, siklus 2 mencapai 72,22% dengan kriteria sebagian tuntas,  siklus 3 mencapai 77,78 dengan kriteria sebagian tuntas dan siklus 4 mencapai 100% dengan kriteria seluruh siswa tuntas.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI), Think Pair and Share (TPS) dan Make a Match dapat meningkatkan aktivitas guru, siswa dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS materi Jenis-jenis Usaha Perekonomian di Masyarakat. Disarankan kepada para guru khususnya mata pelajaran IPS dapat dijadikan sebagai dasar pertimbangan untuk menggunakan model-model pembelajaran Group Investigation (GI), Think Pair and Share (TPS) dan Make A Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI