DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V materi volume kubus dan balok menggunakan model pembelajaran Direct Instruction (DI) Dikombinasikan Dengan Pair Checks dan Team Games Tournament (TGT) di SDN Pekauman 3 Banjarmasin
PENGARANG:DESI NOOR MULIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-25


ABSTRAK

Muliana, Desi Noor. 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas V Materi Volume Kubus Dan Balok Menggunakan Model 

Pembelajaran Direct Instruction (DI) Dikombinasikan Dengan Pair Checks Dan Team Games Tournament (TGT) Di SDN Pekauman 3 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Pra Sekolah dan Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Drs. Sutiyarso, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Volume Kubus dan Balok, DI, PC, dan TGT.

 

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi Volume Kubus dan Balok. Hal ini dikarenakan siswa sulit memahami materi pembelajaran serta kurangnya keterlibatan dan minat siswa dalam pembelajaran mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada materi Volume Kubus dan Balok di kelas V SDN Pekauman 3 Banjarmasin. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan model pembelajaran DI dikombinasikan dengan Pair Checks dan TGT. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan aktivitas guru serta aktivitas siswa. Selain itu untuk mengetahui dan menganalisis  hasil belajar siswa pada materi Volume Kubus dan Balok di kelas V SDN Pekauman 3 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN Pekauman 3 Banjarmasin. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dengan indikator keberhasilan mencapai kriteria sangat baik dan aktivitas siswa dengan indikator keberhasilan mencapai kriteria aktif dan sangat aktif. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis dan penilaian secara individual dan klasikal. Analisis data dihitung berdasarkan indikator ketuntasan belajar secara individu dan klasikal yang telah ditetapkan. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aktivitas guru telah mencapai indikator keberhasilan dengan kriteria sangat baik dan pada aktivitas siswa dinyatakan berhasil mencapai indikator keberhasilan pada siklus I dan II dengan kriteria aktif dan sangat aktif. Sedangkan pada hasil belajar sudah berhasil mencapai indikator ketuntasan baik secara individual maupun klasikal.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran DI dikombinasikan dengan Pair Checks dan TGT dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Disarankan kombinasi model ini dapat dijadikan salah satu alternatif kombinasi model pembelajaran untuk melaksanakan pembelajaran yang lebih bervariasi, menarik, dan menyenangkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

 

 

ABSTRACT

 

Muliana, Desi Noor. 2019. Improve learning activities of class V students cube and beam volume material using the Direct Instruction (DI) learning model combined with Pair Checks and Team Games Tournament (TGT) at SDN Pekauman 3 Banjarmasin. Thesis Pre-School and Elementary Teacher Education Program, Teacher Training and Education Faculty, Lambung Mangkurat University. Advisor: Drs. Sutiyarso, S.Pd., M.Pd.

 

Keywords: Learning Activities, Cube and Beam Volume, DI, PC, and TGT.

 

The problem of this research is the low learning activities of students in mathematics subjects material cubes and beams volume. This is because students find it difficult to understand learning material and the lack of involvement and interest of student in learning results in low student learning outcomes in the cube and beam volume material in class V of SDN Pekauman 3 Banjarmasin. One effort that can be done is the use the DI learning model combined with Pair Checks and TGT. The purpose of this study was to find out and describe the activities of the teacher and student activities. In addition to knowing and analyzing student learning outcomes in volume material outcomes in the cube and beam volume material in SDN Pekauman 3 Banjarmasin.

This study uses a qualitative approach with a type of classroom action research, which is carried out in two cycles, each of which consists of two meetings. The subject of this study was the fifth grade student of the even semester of Pekauman 3 Banjarmasin SDN 2018/2019 school year. The type of data in this study are qualitative and quantitative data. Qualitative data were obtained through observing teacher activities with indicators of success achieving excellent criteria and student activities with indicators of success achieving active and very active criteria. Quantitative data was obtained through measurement techniques with written tests and individual and classical assessments. Data analysis was calculated based on individual and classical learning mastery indicators.       

The result showed that the teachers activity had achieved indicators of success with very good criteriaand the students activities were declared successful in achieving indicators of success in cycles I and II with active and very active. While the learning outcomes have succeeded in achieving indicators of completeness both individually and classically.  

Based on the result of the study it can be concluded that the application of the DI learning model combined with Pair Checks and TGT can increase teacher activity, student activity and learning outcomes. it is recommended that this model combination of learning models to carry out more varied, interesting, and fun learning to improve the quality of learning. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI