DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DIKOMBINASI DENGAN ROLE PLAYING DAN MAKE A MATCH SISWA KELAS IV SDN 1 PALAM
PENGARANG:DILLA APRILLIA ABDINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-25


ABSTRAK

 

Abdina, Dilla Aprillia 2019. “Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Tema Daerah Tempat Tinggalku menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dikombinasi dengan Role Playing dan Make a Match pada Siswa Kelas IV SDN 1 Palam” Skripsi S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Drs. H. Ramadi, M.Pd.

 

Kata Kunci : Membaca Pemahaman, Daerah Tempat Tinggalku, Cooperative Integrated Reading and Composition dikombinasi, Role Playing, Make a Match.

 

Masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran yang belum efektif pada keterampilan membaca pemahaman karena kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran, siswa yang pasif, dan pembelajaran dominan menggunakan model konvensional. Sehingga solusi untuk masalah tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Reading and Composition (CIRC) dikombinasi dengan Role Playing, dan Make a Match. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas guru, mengembangkan aktivitas siswa serta mengetahui hasil belajar siswa dalam keterampilan membaca pemahaman tema Daerah Tempat Tinggalku di kelas IV SDN 1 Palam.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setting penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 1 Palam Banjarbaru pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 34 orang yaitu 17 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Teknik pengambilan data menggunakan cara observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, sedangkan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan tes tertulis di akhir pelajaran. Indikator keberhaasilannya dimana aktivitas guru dikatakan berhasil apabila mencapai skor ≥34 dengan kriteria “Sangat Baik”, aktivitas siswa apabila secara klasikal mencapai ≥82% siswa berada pada kriteria aktif dan sangat aktif, dan hasil belajar siswa dianggap tuntas apabila siswa memperoleh nilai ≥70 dan secara klasikal mencapai ≥81% dari jumlah siswa yang memperoleh nilai ≥70. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru siklus I mendapat skor 30 kategori baik, dan siklus II meningkat menjadi 38 kategori sangat baik. Aktivitas siswa segi individual maupun klasikal siklus I kategori cukup aktif yaitu 55.88% pada siklus II menjadi sangat aktif 91,17%. Hasil belajar siklus I nilai ketuntasan klasikal sebesar 55,88% meningkat pada siklus II menjadi 94.11%.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, terjadi peningkatan aktivitas siswa menjadi sangat aktif, dan hasil belajar siswa dapat meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dikombinasi dengan Role Playing dan Make a Match. Sehingga dapat disarankan kepada guru untuk dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam memilih suatu model pembelajaran khususnya materi membaca pemahaman.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI