DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MUATAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TEMA 9 KAYANYA NEGERIKU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DIKOMBINASIKAN DENGAN MAKE A MACTH DAN WORD SQUARE PADA KELAS IV SDN TANJUNG REMA MARTAPURA
PENGARANG:MOUNATUL KHAIR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-26


Kata Kunci: Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa, Contextual Teaching And Learning, Make A Macth, Word Square

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas siswa pada mata pelajaran IPS khususnya pada materi pengaruh kondisi geografis dan pemanfaatan sumber daya alam terhadap kegiatan manusia.Hal tersebut disebabkan kurangnya keterlibatanlangsung siswa, tidak adanya kegiatan yang membantu siswa untuk berfikir konkretdan guru belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif dan jarang menggunakan media pendukungdalam proses pembelajaran.Solusi untuk permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaranContextual Teaching And Learning dikombinasi denganMake A Macth danWord Square. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, peningkatan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada materi pengaruh kondisi geografis dan pemanfaatan sumber daya alam terhadap kegiatan manusiadi SDN Tanjung Rema Martapura.Penelitian ini menggunakan jenisPenelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tanjung Rema Martapura pada siswa kelas 4semester genap tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 23orang yang terdiri dari 12 orang laki­laki dan 11orang perempuan. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis data kualitatif yaitu aktivitas guru dan siswa, dan analisis data kuantitatif yaitu hasil belajar siswa. Indikator keberhasilan PTKini yaitu aktivitas guru mencapai kategori “Sangat Baik”, Aktivitas siswa mencapai kategori “Sangat Aktif” serta siswa dapat mencapai hasil belajar ketuntasan belajar dengan nilai individu ≥70dan dapat mencapai ketuntasan klasikal ≥81% siswa mendapat nilai ≥70.Hasil penelitian menunjukkanaktivitas guru telah mencapai skor 36 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada kegiatan pembelajaran mencapai persentase klasikal 87% dengan kriteria sangat baik. Ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 87% siswa mendapatkan nilai ≥70.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pada aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaranContextual Teaching And Learning dikombinasi denganMake A Macth danWord Square. Sehingga dapat disarankan kepada guru untuk dapat dijadikan sebagai salah satu pertimbangan dalam memilih strategi atau model pembelajaran pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosialmateri pengaruh kondisi geografis dan pemanfaatan sumber daya alam terhadap kegiatan manusiadi kelas 4

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI