DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS TINGKAT KEBUGARAN JASMANI DITINJAU DARI SARANA DAN PRASARANA PESERTA DIDIK SEKOLAH LANJUTAN TINGKAT ATAS NEGERI KECAMATAN TAKISUNG DAN KECAMATAN TAMBANG ULANG KABUPATEN TANAH LAUT
PENGARANG:ABDUL RAMLAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-25


ABSTRAK

 

ABDUL RAMLAN, NIM A1D115001, 2019 Analisis Tingkat Kebugaran Jasmani Ditinjau Dari Sarana dan Prasarana Peserta Didik SekolahLanjutan Tingkat Atas Negeri KecamatanTakisung dan  Kecamatan Tambang Ulang Kabupaten Tanah Laut. Skripsi Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Satu Drs. H. Sarmidi, M.Kes, Pembimbing Dua Drs. Said Abdillah M, Pd.

 

Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui “ Analisis Tingkat Kesegaran atau kebugaran Jasmani yang di Tinjau dari Sarana dan Prasarana Olahraga pada Peserta Didik Sekolah Lanjut Tingkat Atas Negri di kecamatan Tambang Ulang dan Takisung Kabupaten Tanah Laut”.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik pengambilan data tes pengukuran, wawancara dan observasi.

                Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas yang berumur 15-19 tahun Proses pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 31 orang peserta didik.

                Analisis data yang digunakan adalah dengan frekuensi tingkat kebugaran jasmani dengan keseluruhan sampel.

Kesimpulannya tingkat kebugaran anak di SLTA di dua Kecamatan Takisung dan Tambang Ulang yang berumur rentang antara usia 15-19 tahun masih kurang, sarana dan prasarana yang ada di sekolah  berkategorikan Baik dan Sedang.

Kebanyakan dari sampel masih memiliki kebugaran yang kurang dan sangat kurang walaupun ada juga beberapa yang sudah mencapai kategori sedang. Penjabaran persentasenya sebagai berikut :

·   klasifikasi baik sekali (0%)

·   klasifikasi baik (0%)

·   klasifikasi sedang 1 orang (3.23%)

·   klasifikasi kurang 16 orang (51.16%)

·   klasifikasi kurang sekali 14 orang (45.16%)

 

Kata Kunci: Analisis, Tingkat Kebugaran Jasmani, Sarana dan Prasarana

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI