DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | Analisis Pemasaran Ikan Toman (Channa Micropeltes) di Desa Pararain Kecamatan Danau Panggang Kabupaten Hulu Sungai Utara | |
PENGARANG | : | INDRA YOLANDA SYAMSUDDIN | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2019-11-25 |
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis saluran pemasaran serta (2) menganalisis margin pemasaran dan (3) menganalisis farmer’s share usaha budidaya ikan Toman. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja (purpossive Sampling) di Desa Pararain Kecamatan Danau Panggang Kabupaten Hulu Sungai Utara.Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua yaitu data primer dan data sekunder, sedangkan metodepengambilan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Responden pembudidaya ikan toman diambil secara sensus dan lembaga pemasaran diambil menggunakan metode bola salju (Snowball Sampling). Analisis data yang digunakan adalah (1) analisis saluran pemasaran, (2) analisis margin pemasaran dan analisis Farmer’s share. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) saluran pemasaran ikan toman memiliki 2 pola saluran pemasaran, (2) margin pemasaran ditingkat pedagang pengumpul sebesar Rp. 2.000 dan pedagang pengecer sebesar Rp. 3.000, dan (3) Farmer’s Share yang diterima pembudidaya adalah sebesar 90%.
Kata Kunci :Ikan Toman, Budidaya, saluran pemasaran, margin pemasaran dan Farmer’s Share
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI