DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPA Materi Pemanfaatan Sumber Energi Menggunakan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Dikombinasikan dengan Number Head Together dan Course Review Horay Pada Siswa Kelas IV SDN Semangat Dalam 3 Barito Kuala
PENGARANG:AHMAD SAIFULLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-25


ABSTRAK Saifullah, Ahmad. 2019. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPA Materi Pemanfaatan Sumber Energi Menggunakan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Dikombinasikan dengan Number Head Together dan Course Review Horay Pada Siswa Kelas IV SDN Semangat Dalam 3 Barito Kuala”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dra. Hj. Ike Hananik, M.Pd Kata Kunci : Hasil Belajar, Student Team Achievement Division, Number Head Together, Course Review Horay, Pemanfaatan Sumber Energi. Permasalahan yang terjadi di SDN Semangat Dalam 3 Barito Kuala pada siswa kelas IV adalah rendahnya hasil belajar siswa pada muatan IPA materi Pemanfaatan Sumber Energi. Penyebabnya adalah pembelajaran yang bersifat satu arah, kurangnya aktivitas siswa saat proses pembelajaran, kurangnya interaksi antara siswa di dalam kelas untuk menambah pengetahuan seperti saling bertukar pikiran atau berdiskusi dan siswa merasa bosan dengan proses pembelajaran yang kurang menyenangkan. Oleh karena itu, perlu dilakukan peningkatan hasil belajar siswa, yaitu menggunakan kombinasi model Student Team Achievement Division, Number Head Together, Dan Course Review Horay pada siswa kelas IV SDN Semangat Dalam 3 Barituo Kuala. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas dan menggunakan dua jenis data yaitu data kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan. Dengan tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan serta refleksi. Data dianlisis dari hasil observasi dan tes evaluasi belajar. Setting penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Semangat Dalam 3 Barito Kuala tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 34 orang terdiri dari 17 orang siswa orang laki-laki dan 17 orang siswa perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas guru pada pertemuan 1 terlaksana dengan baik, pertemuan II terlaksana dengan sangat baik dan pertemuan III terlaksana dengan sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 mencapai kriteria aktif, pertemuan II mencapai kriteria aktif, dan pertemuan III mencapai kriteria sangat aktif. ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai 67%, pertemuan II mencapai 82,5%, dan pertemuan III mencapai 94%. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA materi pemanfaatan sumber energi dengan menggunakan kombinasi model Student Team Achievement Division, Number Head Together, dan Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas IV SDN Semangat Dalam 3 Barito Kuala. Disarankan kepada guru agar dijadikan alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Khususnya materi pemanfaatan sumber energi
Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI