DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Mengembangkan Aspek Kognitif dalam Mengenal Konsep dan Lambang Bilangan Menggunakan Kombinasi Metode Demonstrasi, Model Make A Match dan Bermain Dadu pada Anak Kelompok A di Taman Kanak-Kanak Margo Utomo Kabupaten Barito Kuala
PENGARANG:AMINAH CENDRAKASIH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-25


Masalah utama dalam penelitian tindakan kelas adalah masih belum berkembangnya kemampuan kognitif anak terutama dalam mengenal konsep dan lambang bilangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas melalui tahapan perencanaan  tindakan  observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan permainan dan observasi terhadap anak kelompok A di TK Margo Utomo Kabupaten Barito Kuala yang berjumlah 16 anak. Indikator keberhasilan yang digunakan adalah mencapai 80 %. Faktor yang diteliti adalah aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan anak. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pengembangan aspek kognitif. Jadi dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil perkembangan anak dalam mengenal konsep dan lambang bilangan melalui kombinasi metode demonstrasi, model make a match dan bermain dadu pada anak kelompok A di TK Margo Utomo Kabupaten Barito Kuala berhasil dan dapat meningkatkan kemampuan perkembangan anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI